in

Suka Iseng Ngecek Smartphone? Bisa Jadi Karena Kecanduan

Sadar nggak sadar, aktivitas ini sering banget kita lakukan

kecanduan smartphone
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Saat waktu senggang dan bosan, kita sering kali tanpa sadar membuka ponsel dan membuka berbagai aplikasi. Tanpa ponsel dan internet, hidup sepertinya akan berjalan sangat membosankan. Ternyata, tindakan iseng memeriksa ponsel bisa jadi salah satu tanda kecanduan smartphone, lho.

Berseluncur di dunia maya tanpa tujuan yang jelas merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan. Semakin lama, tindakan ini menjadi candu, terutama jika dilakukan di waktu luang. Tidak menutup kemungkinan bila nantinya, kegiatan iseng ini justru mengganggu produktivitas seseorang.

Dalam jurnal PNAS, dijelaskan bahwa otak membutuhkan informasi setiap waktunya. Informasi itu berupa pengetahuan yang menjadi asupan utama otak. Sayangnya, manusia menyerap sangat banyak informasi, baik yang benar-benar penting dan dibutuhkan maupun yang tidak.

Informasi yang masuk ke sistem otak dapat merangsang terbentuknya dopamin pada manusia. Dopamin adalah zat kimia di dalam otak atau dikenal juga sebagai neurotransmitter. Dopamin dapat memengaruhi emosi, gerakan, menimbulkan sensasi senang, dan rasa sakit.

Karena dopamin sangat memengaruhi suasana hati, tak heran bila mendapatkan informasi sangat penting bagi otak. Efek ini hampir sama dengan yang terjadi apabila kita mengonsumsi makanan lezat ataupun mendapatkan hadiah.

Informasi tak ubahnya adalah ‘hadiah’ yang diberikan kepada otak. Sayangnya, otak sendiri sering memendam rasa ingin tahu yang berlebihan. Padahal, kita tahu bahwa informasi yang akan kita dapatkan seringkali tidak berguna dan tidak bermanfaat. Melakukan kegiatan menjelajah internet hanya memberikan sensasi lebih baik pada diri sendiri.

Rasa ingin tahu yang dimiliki manusia membantu manusia itu sendiri dalam mengambil keputusan yang paling menguntungkan. Di sisi lain, rasa ingin tahu ini juga bermanfaat untuk memenuhi keinginan diri yang penasaran akan segala sesuatu.

Internet menyediakan beragam informasi yang tak terbatas. Bila rasa ingin tahu ini dihadapkan dengan keberadaan internet, bukan tidak mungkin seseorang akan mengalami kecanduan smartphone.

Kecanduan yang sudah berlangsung cukup lama akan sulit dibuang. Kini, kecanduan internet menjadi salah satu masalah yang terjadi di dunia. Penelitian ini tidaklah mengambil kesimpulan bahwa hormon dopamin sebagai satu-satunya penyebab. Namun, keterlibatan dopamin ini tetaplah sangat kuat.

 

cara anggun menerima pujian

Cara Anggun Menerima Pujian

mengatasi tempat kerja penuh tekanan

Tempat Kerjamu Penuh Tekanan Tetapi Kamu Masih Bertahan? Lakukan Ini