in

Suka Memasak dengan Bumbu Kering? Coba Praktikkan Cara Ini

Simpan dengan baik dan benar

cara memilih bumbu kering
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Apakah kamu sering memasak dengan menggunakan bumbu kering? Penggunaan bumbu kering ini sering ditambahkan pada masakan untuk menambahkan cita rasa. Bumbu kering banyak dipilih karena cukup praktis dan tahan lama dalam penyimpanannya. Namun, apakah kamu tahu cara memilih bumbu kering yang baik dan benar?

Bumbu kering ini dapat berupa penyedap masakan ataupun rempah. Indonesia sendiri merupakan negara yang terkenal hasil buminya berupa rempah. Tidak heran bila banyak masakan lokal yang menggunakan rempah sebagai bumbu utamanya. Kamu pasti punya, bukan, bumbu kering berupa rempah di dapurmu?

Untuk memilih bumbu kering, kamu harus memerhatikan tekstur utamanya terlebih dahulu. Bila kamu hendak memilih beberapa jenis rempah kering seperti jahe dan kunyit, pastikan kamu memilih yang teksturnya halus dan tidak berkerut. Sebaiknya, kamu memilih jahe dan kunyit yang berkulit tipis.

Biasanya, bentuk kering dari rempah ini sudah dihaluskan terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu hanya tinggal memilih tanpa perlu memerhatikan teksturnya. Namun, untuk beberapa rempah seperti lada putih, lada hitam, ataupun biji pala, kamu bisa memilih yang masih bertekstur kasar.

Selain tekstur, kamu juga bisa mengamati warna dari bumbu kering ini. Biasanya, rempah yang dikeringkan akan memiliki warna yang lebih kusam seperti kecokelatan. Penampakan rempah yang sudah dikeringkan juga bisa mengindikasikan kondisi awal sebelum rempah diawetkan.

Misalnya, lada hitam yang memiliki serpihan warna cokelat merupakan lada yang sudah dihaluskan dan terdapat bagian lain dari lada tersebut. Biasanya, lada putih memiliki warna yang sedikit krem. Cengkih yang sudah dikeringkan juga akan terlihat lebih terang daripada bagian batangnya dan ini bisa menjadi indikasi cengkih tersebut dikeringkan dengan baik.

Aspek lain yang tak kalah penting adalah mencium aroma rempah ini. Rempah-rempah walaupun sudah dikeringkan masih tetap memiliki aroma khas. Misalnya, jahe kering tentu masih memiliki aroma jahe yang kuat dan khas, walaupun tidak sekuat jahe segar.

Terakhir, tips ini akan berguna bila kamu membeli bumbu kering yang belum dihaluskan. Sebaiknya, pilihlah bumbu atau rempah yang masih dalam keadaan utuh. Jika kamu membeli cengkih, pilihlah yang masih memiliki kelopaknya, begitu pula dengan jenis rempah lain.

tips bikin steak

Tips Memasak Steak Rumahan yang Sempurna

alasan anak sulit tidur

Moms, Ternyata Ini Alasan Anak Sulit Tidur