in ,

Suka Ngiler Saat Tidur? Begini Cara Menguranginya

bye-bye ngiler

ngiler
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Kebiasaan ngiler terkadang kurang baik dibiarkan begitu saja. Sebab, ketika kamu harus tidur di tempat lain selain kasur kamarmu, kebiasaan tersebut dapat mengganggu kenyamanan orang lain. Ngiler terjadi karena air liur terakumulasi di dalam mulut dan menetes secara tidak sadar karena otot-otot di wajah selama tidur rileks dan menyebabkan mulut terbuka.

Kamu juga perlu hati-hati jika intensitas ngiler yang dialami cukup tinggi karena bisa saja kamu mengalami hipersaliva atau kelebihan air liur. Oleh karena itu, coba dulu lakukan beberapa cara untuk mengurangi intensitasnya. Jika cara-cara tersebut tidak mempan, sebaiknya kamu konsultasikan dengan dokter.

Pastikan hidung tidak sedang tersumbat

Kondisi hidung yang sedang tersumbat membuat kamu bernapas melalui mulut. Kondisi tersebut akhirnya menyebabkan mulut kamu terbuka. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga kondisi kesehatan pernapasan dengan menggunakan minyak esensial yang mengandung eucalyptus agar sistem pernapasan berjalan lancar.

Ubah posisi tidur

Jika kamu biasanya tidur tengkurap atau miring ke salah satu sisi, sekarang coba tidur secara telentang. Untuk mencegah posisi berubah, letakan bantal di bagian sisi kiri dan kanan serta sisipkan guling di bawah lutut agar posisi tidur tidak berubah. Gunakan bantal yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu keras sehingga posisi leher cukup sejajar dengan punggung dan tulang belakang.

Tingatkan kualitas tidur

Ngiler juga sering kali terjadi ketika kamu mengalami gangguan saat tidur. Gangguan tersebut bisa saja terjadi karena masalah psikologi, seperti stres yang berlebihan atau dipicu karena obat tertentu.

Selain itu, coba kamu analisis apakah selama tidur kamu mendengkur atau tidak. Mengiler dan mendengkur menjadi indikator pertama kamu mengalami sleep apnea, yaitu gangguan pernapasan yang tidak bisa berjalan dengan baik sehingga menyebabkan kamu terbangun pada malam hari.

Cek obat yang sedang dikonsumsi

Ngiler juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang sedang kamu konsumsi. Misalnya, antibiotik, obat tersebut dapat menyebabkan kamu mengalami hipersaliva.

Jaga pola makan

Terlalu banyak makan makanan yang manis dapat merangsang produksi air liur menjadi lebih banyak. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kamu ngiler saat tidur. Sebaiknya, kurangi makanan dan minuman yang mengandung gula, terutama ketika ingin tidur.

Milly & Mamet

4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Banget Nonton Milly & Mamet

nasi bekas

Tips dan Trik Memanfaatkan Nasi Bekas