in

Sumber Kekayaan Bill Gates, Salah Satu Orang Terkaya di Dunia

sumber kekayaan Bill gates
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Baru-baru ini kabar kurang baik datang dari Bill Gates. Dirinya dikabarkan berpisah dengan istrinya, Melinda Gates, setelah menikah selama 27 tahun. Dari pernikahan tersebut, Bill Gates dan Melinda memiliki tiga orang anak. Bill Gates terkenal sebagai orang terkaya nomor empat di dunia. Sumber kekayaan Bill Gates berasal dari Microsoft, perusahaan yang didirikan olehnya.

Sumber kekayaan Bill Gates juga datang dari beberapa investasi di beberapa sektor. Berdasarkan data majalah Forbes, saat ini aset Bill Gates mencapai USD124,2 miliar atau setara Rp1.796 triliun. Perpisahan ini menjadi kasus perceraian terbesar kedua yang dialami oleh orang terkaya dunia setelah perpisahan Jeff Bezos dan MacKenzie Scott.

Bill Gates dan Melinda Gates memiliki Bill & Melinda Gates Foundation. Yayasan tersebut bergerak dalam bidang kesehatan global, kesetaraan gender, dan pendidikan. Meski sudah berpisah, pendiri Microsoft tersebut beserta mantan istrinya akan tetap menjalankan yayasan tersebut.

Yayasan tersebut menyimpan dana abadi sekitar USD50 miliar atau sekitar Rp722 triliun. Yayasan yang dibangun oleh Gates memiliki pengaruh besar pada beberapa negara di dunia, terutama di Benua Afrika.

Yayasan tersebut menampung 1.600 staf di seluruh dunia dan memberikan bantuan di bidang kesehatan dan pembangunan masyarakat global sekitar USD5 miliar setiap tahunnya.  Melalui yayasannya, Bill dan Melinda mendukung bioteknologi dari Jerman, Curevac.

Sumber kekayaan Bill Gates cukup sulit diurai. Pasalnya, jumlah kekayaan Bill Gates yang berasal dari Microsoft diperkirakan kurang dari 20 persen dari asetnya.

Aset terbesar yang dimiliki oleh Bill gates adalah Cascade Investments, perusahaan induk yang dibuat olehnya. Perusahaan tersebut dibangun dari hasil penjualan saham Microsoft dan dividen yang dijalankan oleh Michael Larsn.

Dilansir dari laman cnbcindonesia.com, melalui Cascade Investments, Bill Gates memiliki minat dalam real estate, energi, dan perhotelan. Selain itu, Gates juga memiliki puluhan saham yang tersebar di beberapa perusahaan, termasuk publik seperti Perkeretaapian Nasional Kanada dan pembuat traktor.

Bill Gates juga mendirikan perusahaan modal ventura yang bernama Gates Ventures. Sementara itu, Melinda pernah mendirikan organisasi bernama Pivotal Ventures yang berguna untuk menampung ide-ide yang tidak sesuai dengan Gates Foundation.

 

alat tes swab

Viral Kasus Alat Swab Bekas, Lakukan Ini Sebelum Tes Swab

film pulau plastik

Pulau Plastik, Film yang Mengingatkan Indonesia Tentang Sampah Plastik