in ,

Surat Cerai Soekarno dan Inggit Ganarsih Mau Dijual, Begini Faktanya

gimana menurut kamu?

surat cerai soekarno
foto: kompas

Ngobrolin.id — Belakangan ini warganet dikejutkan dengan berita viral surat cerai Soekarno dan Inggit Ganarsih dijual melalui akun Instagram @popstoreindo. Namun, saat ini unggahan foto penjualan surat cerai tersebut sudah di-take down oleh pemilik akun. Pemilik akun hanya memublikasinya dan mengarahkan kepada para pembeli untuk langsung ke rumah pemilik surat cerai tersebut yang tak lain adalah cucu dari Inggit Ganarsih.

Surat cerai Soekarno dan Inggit Ganarsih sempat dipinjam oleh beberapa museum. Mulanya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sempat berencana memberikan kompensasi dengan menempatkan surat tersebut di dalam musem. Namun, sayangnya rencana tersebut belum terealisasi hingga saat ini.

Sebenarnya, sudah banyak yang ingin membeli surat tersebut dengan harga yang sangat fantastis. Namun, pihak keluarga masih mempertimbangkannya.

Saat ini, unggahan penjualan surat tersebut sudah diturunkan oleh pemilik akun karena viralnya pemberitaan penjualan surat cerai tersebut.

Viralnya penjualan surat cerai Presiden pertama di Indonesia menimbulkan banyak pro dan kontra. Menurut Tito Z. Harmain, cucu angkat Inggit Ganarsih sekaligus pemilik surat tersebut yang dilansir dari idn.times.com, surat ini adalah dokumen pribadi dan bukan milik pemerintah, jadi seharusnya tidak perlu diributkan.

Namun, banyak juga pihak yang merasa prihatin dengan viralnya berita tersebut. Seharusnya, surat cerai tersebut menjadi koleksi pribadi dan tidak perlu dijual. Seandaikan pemilik sudah tidak ingin menyimpannya, sebaiknya pihak keluarga menyimpannya di dalam ANRI atau Arsip Nasional Republik Indonesia.

Dilansir dari kompas.com, Koordinator Penyelenggaraan Kearsipan pada Lembaga Negara, Yayan Daryan mengatakan bahwa memperjualbelikan dokumen tersebut merupakan tindakan yang tidak diperbolehkan. Dokumen pribadi seperti surat nikah dan surat cerai sebenarnya merupakan milik perorangan dan pemanfaatannya menjadi tanggung jawab sendiri.

Jika dokumen tersebut memang mengandung nilai sejarah karena menyangkut salah satu bagian hidup dari tokoh terkemuka di Indonesia, yaitu Presiden Soekarno, sebaiknya dokumen surat pernikahan dan surat perceraian tersebut disimpan di dalam ANRI sebagai bukti sejarah. Nantinya, ANRI bisa memberikan ganti rugi yang sesuai dengan mekanisme undang-undang.

 

penyebab diet gagal

Penyebab Diet Gagal yang Sering Dialami

Hari Tani Nasional

Sejarah Hari Tani yang Jatuh di Tanggal 24 September