in ,

Susu Nabati yang Tak Kalah Bernutrisi

Alergi dengan susu sapi? Intip aneka susu sapi yang tak kalah lengkap dengan kandungan gizi

Susu nabati
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Selama ini, kita mengonsumsi susu sapi sebagai sumber zat gizi berupa susu. Selain susu sapi, susu lain yang tak kalah populer adalah susu kambing dan susu kuda. Di sisi lain, orang dengan lactose intolerance tidak bisa mengonsumsi susu ini walaupun kandungannya berlimpah. Susu nabati adalah solusi yang wajib dicoba!

Seiring berkembangnya teknologi, keberadaan susu nabati semakin diminati. Susu ini dinilai memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah tinggi. Selain itu, risiko alerginya pun dapat dikendalikan oleh orang yang memiliki intoleransi pada susu sapi dan susu hewani lain.

Salah satu jenis susu nabati yang paling populer adalah susu kedelai. Minuman ini diperoleh dari olahan biji kedelai yang diproses dengan cara dihaluskan, kemudian diperas dan diambil sarinya. Susu kedelai memiliki kandungan gizi yang nggak bisa dibilang kecil, lho.

Susu kedelai sudah kondang dengan rasanya yang nendang! Hanya saja, pengolahan yang kurang tepat akan membuat susu kedelai memiliki cita rasa langu yang sedikit mengganggu. Kamu bisa mengatasi ini dengan menambahkan flavor dan aroma sehingga dapat menutupi rasa langu dari susu kedelai ini.

Selain susu kedelai, susu nabati juga dapat diproduksi dari bahan baku kacang hijau. Jenis kacang ini sendiri masih berkerabat dengan kacang kedelai. Susu kacang hijau sangat baik sebagai sumber protein karena kandungan proteinnya yang sangat tinggi, yakni mencapai 22 persen. Selain itu, kacang hijau juga mengandung zat besi dan zinc.

Sebelum membuat susu atau sari kacang hijau, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan perendaman terlebih dahulu. Perendaman ini akan membuat kulit kacang hijau terkupas. Kemudian, susu dihancurkan dan diambil sarinya. Rasa susu kacang hijau sendiri hampir mirp dengan susu kedelai.

Salah satu susu nabati yang tengah naik daun dan hits banget adalah susu almond. Seperti namanya, susu ini terbuat dari kacang almond. Kandungan nutrisi susu almond sangat beragam. Mulai dari protein, kalsium, vitamin A, dan vitamin E membuat susu almond kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, susu almond juga rendah kalori dan juga tidak mengandung lemak jenuh. Susu almond biasa dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program diet.

makanan penutup khas Inggris

Makanan Penutup ala Britania Raya, Bikin Pengen Coba!

kelebihan gorengan

Mengungkap Popularitas Gorengan si Raja Camilan