in

Tahukah Kamu Kalau Mimpi Buruk Tidak Boleh Diceritakan

mimpi buruk
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Mimpi merupakan bagian yang sulit untuk kita kontrol dan isinya sangat absurd. Selain itu, banyak bagian dari mimpi yang sulit diingat. Namun, biasanya ada beberapa mimpi yang membekas di ingatan, apalagi jika mimpi buruk.

Melansir dari sains.kompas.com, seorang profesor di Institute of Cognitive Science, Carleton University tidak menyarankan untuk menceritakan mimpi. Di dalam ajaran agama Islam pun tidak menganjurkan kamu untuk menceritakan mimpi buruk.

Ada dua alasan mengapa mimpi menjadi begitu menarik untuk diceritakan. Pertama, teori aktivasi-sintesis yang mengatakan bahwa mimpi merupakan interpertasi dari aktivitas acak syaraf tulang belakang dan otak kecil. Terkadang, informasi tersebut bisa kacau sehingga menyebabkan mimpi kamu menjadi sangat aneh. Teori tersebut mengatakan, mimpi buruk terjadi karena kekhawatiran kamu ketika sadar.

Teori kedua mengapa mimpi bisa begitu menarik adalah karena mimpi merupakan persiapan untuk menghadapi situasi yang mengancam. Mimpi ini biasanya negatif dan topik mimpi seputar ancaman nenek moyang seperti jatuh, dikejar, bencana alam, dan lain-lain.

Misalnya, seseorang mimpi dikejar hewan, kejadian tersebut memang ada di dunia nyata, tetapi jumlahnya sangat sedikit, bukan?! Coba hitung berapa banyak orang yang dikejar hewan di dunia nyata.

Nah, berikut ini alasan mengapa mimpi itu sebaiknya tidak perlu diceritakan.

Bias negatif

Manusia secara alami lebih perhatian terhadap hal-hal yang negatif dan berbahaya. Oleh karena itu, mimpi yang berisi informasi negatif terasa lebih penting. Padahal, kejadian buruk di dalam mimpi kamu belum tentu menarik bagi orang lain. Jadi, mimpi kamu yang terasa penting dan menakutkan akan terdengar membosankan bagi orang lain yang mendengarkan.

Menurut ajaran agama Islam

Dalam ajaran Islam, mimpi buruk itu datang dari setan. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk meludah ke arah kiri sebanyak tiga kali, lalu membaca ta’awudz setelah mengalaminya. Kemudian kamu dianjurkan untuk mengubah posisi tidur dan memohon kebaikan kepada Allah serta berlindung kepada-Nya.

Mimpi tersebut tidak boleh diceritakan kepada siapa pun agar tidak menimbulkan hal yang kurang baik.

 

surat dari praha

Review Surat dari Praha, Ketika Cinta Terpisah Karena Idealisme

mengirim e-mail

Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Mengirim E-mail