in ,

Tanaman Cabai Sudah Ditanam di Luar Angkasa, 4 Bulan Lagi Bakalan Panen

tanaman cabai
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Luar angkasa memang menyimpan rahasia yang sangat banyak sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk mempelajarinya. Baru-baru ini, astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sedang menguji tanaman cabai untuk ditanam di luar angkasa.

Astronot NASA Shane Kimbrough memasukkan 48 biji cabai ke Advanced Planet Habitat (APH) stasiun ruang angkasa pada pekan ini dan mulai percobaan yang disebut plant habitat-04.

Penanaman tersebut bertujuan menguji tanaman cabai dan akan melihat pertumbuhannya dalam kurun waktu empat bulan ke depan. Jika berhasil, setelah empat bulan dirawat, para astronot sudah bisa memanen buah cabai.

Selain itu, penanaman tersebut juga bertujuan memperluas makanan yang bisa ditanam di luar angkasa menjelang kemungkinan misi masa depan ke Mars.

Cabai yang sedang ditanam oleh para astronot adalah cabai rawit 48 Hatch yang sudah tiba di pos orbit 5 Juni dengan misi pasokan komersial Spacex Dragon CRS-22. Para astronot juga sedang menguji coba pada tanaman cabai hijau.

Sebelum cabai, tanaman selada merah dan lobak sudah berhasil ditanam di luar angkasa dan para kru sudah berhasil menikmati hasil panen. Astronot juga sudah berhasil menanam tanaman bunga seperti Zinnia yang dapat menambah kecantikan tempat tingggal mereka.

Selama ini astronot yang bekerja di luar angkasa sebagian besar mendapatkan pasokan makanan segar dari kapal kargo. Namun, belakangan ini versi percobaan habitat yang sedang dilakukan sudah bisa menghasilkan beberapa bahan makanan yang lezat.

Ternyata, rencana menanam cabai di luar angkasa sudah diwacanakan sejak 2019. Saat itu peneliti mempersiapkan tanaman cabai Espanola yang akan menjadi jenis cabai yang ditanam di luar angkasa. Varietas tersebut dipilih karena tidak tumbuh terlalu tinggi tetapi memiliki tingkat produktivitas yang sangat baik.

Cabai Espanola sendiri dapat tumbuh di dataran tinggi dengan periode pertumbuhan yang pendek dan mudah diserbuki.

Cabai dianggap sebagai salah satu bahan masakan yang dapat membuat makanan menjadi lebih pedas dan beraroma. Selain itu, cabai juga mengandung banyak vitamin C yang sangat baik untuk astronot.

Astronot dan kosmonot sudah berhasil menumbuhkan tanaman di stasiun luar angkasa sejak 1982. Saat itu awak pesawat luar angkasa Soviet Salyut 7 pertama kali berhasil menumbuhkan tanaman Arabidopsis.

Baru pada 2015 astronot Amerika mulai menanam tanaman sayur seperti selada, lobak, kol, dan kacang polong.

a perfect fit

Sinopsis A Perfect Fit, Film Romansa dengan Nuansa Bali yang Sangat Kental

malam terpendek

Negara dengan Durasi Malam Terpendek