in

Tanda-tanda Hubungan Menjadi Toxic Relationship

kenali tanda-tanda hubungan yang sudah tidak sehat

toxic relationship
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Salah satu masalah yang kerap dialami dalam hubungan adalah munculnya toxic relationship yang membahayakan diri sendiri karena hubungan yang tidak sehat. Banyak orang yang tidak sadar sedang terjebak dalam toxic relationship karena tidak adanya panduan yang jelas untuk menjalin hubungan sosial, baik itu pertemanan maupun pacaran.

Bahkan, banyak yang menjalin hubungan dengan mengikuti kebiasaan yang sudah ada, seperti kode-kodean yang dianggap lucu, atau dikendalikan dalam hal negatif oleh seseorang yang disayanginya. Ada banyak kebiasaan yang kurang baik dilakukan dalam menjalin hubungan sehingga hubungan mereka menjadi tidak sehat.

Setiap orang juga memiliki standar masing-masing dalam menjalin sebuah hubungan sehingga banyak orang yang tidak menyadari standar yang sudah disepakati oleh dirinya sendiri sebenarnya sudah tidak sehat. Hal tersebut menjadi salah satu faktor banyak orang yang tidak sadar dirinya sudah terjebak dalam toxic relationship.

Satu-satunya cara untuk mengetahui hubungan sudah tidak sehat adalah melihat perubahan yang sudah terjadi pada diri kamu. Hubungan yang tidak sehat akan menimbulkan banyak efek negatif dalam diri. Hal tersebut akan mengubah kepribadian kamu menjadi semakin memburuk jika tidak segera diatasi. Berikut ini beberapa tanda perubahan yang harus kamu waspadai dalam menjalin hubungan.

Tidak bisa menjadi diri sendiri di depan pasangan

Salah satu bentuk kejujuran yang harus dimiliki adalah jujur terhadap diri sendiri di depan banyak orang. Namun, di beberapa tempat biasanya seseorang merasa tidak nyaman untuk menjadi diri sendiri karena tekanan atau hal lain yang menuntutnya untuk menyembunyikan dirinya sendiri. Dalam hubungan yang tidak sehat, mereka yang terjebak cenderung sulit menjadi diri sendiri karena berbagai faktor yang bisa saja terjadi.

Jadi bahan pelampiasan emosi negatif

Terkadang ada beberapa orang yang sulit mengatur kendali saat emosi sehingga akhirnya berujung pelampiasan pada benda atau orang yang tidak bersalah. Kamu harus mewaspadai jika pasangan sering melakukan pelampiasan pada kamu, padahal kamu bukan yang bersalah.

Cemburu yang berlebih

Banyak yang mengatakan cemburu merupakan tanda sayang. Namun, jika cemburu yang terjadi sudah berlebihan bahkan hingga akhirnya merugikan kamu, hal tersebut bisa saja menjadi pertanda hubungan sudah masuk ke ranah toxic relationship.

Tidak terjadi timbal balik

Jika hanya kamu yang berjuang mati-matian untuk mendapatkan feedback yang baik dari pasangan, tetapi pasangan justru malah sama sekali tidak berjuang demi kamu, sebaiknya hal tersebut harus kamu waspadai.

es krim rasa gas

Es Krim Rasa Gas Air Mata, Apa Rasanya?

new normal

Kebiasaan yang Harus Dilakukan Selama New Normal