in

Tanda-tanda Motor Perlu Diservis

tanda-tanda motor perlu diservis
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Punya motor berarti kamu harus siap dengan segala perawatannya. Sesibuk apa pun, kamu jangan sampai melewatkan jadwal servis untuk kendaraan kesayanganmu. Sebab, motor yang tidak diservis bisa saja membahayakan keselamatan kamu, lho. Karena itu, kamu wajib tahu tanda-tanda motor perlu diservis sebelum semuanya terlambat.

tanda-tanda motor perlu diservis
Foto: Google Image

Setiap orang pasti memiliki mobilitas tinggi dengan kesibukan yang hampir menyita semua waktu, atau mungkin juga menganggap bahwa sepeda motor yang selalu mengantarkan kita hanyalah sebuah mesin. Ini kesalahan besar. Sebab, dampaknya akan berimbas kepada sang pemilik jika suatu saat sepeda motor yang ditungganginya ngadat di tengah jalan.

Parahnya lagi, kerusakan yang ditimbulkan akan berimbas kepada biaya yang harus dikeluarkan. Nah, berikut ini tips mengenali kapan motor harus segera diservis agar kondisi sepeda motor kesayangan tetap prima.

Ikuti buku panduan pabrikan

Sesuai anjuran pabrikan, tiap 2.000 km sepeda motor kamu harus diservis. Biar ditunggangi lebih enak dan nyaman, lebih bagusnya tiap kali servis sekalian ganti oli.

Suara mesin kasar

Mesin kasar biasanya berasal dari setelan klep yang sudah kendur, rantai keteng yang mulai aus dan kendur, serta oli mesin yang sudah jelek atau terlalu encer.

Motor tidak mau stasioner atau langsam

Ini terjadi akibat karburator kotor dan setelannya sudah berubah. Juga karena letikan busi yang sudah jelek. Meski setelan karburator bagus, kalau businya jelek, akibatnya stasioner juga tidak bagus.

Mesin brebet

Mesin brebet saat putaran menengah dan putaran atas. Ini juga akibat karburator kotor dan busi jelek. Jika ini terjadi, segeralah bawa ke bengkel dan servis motormu.

Boros dan berasap hitam

Konsumsi BBM boros dan keluar asap hitam dari knalpot terjadi lantaran filter udara kotor, mengakibatkan suplai udara ke ruang bakar tidak lancar. Akibatnya campuran udara dan bensin tidak tepat. Banyak bensin yang terbuang lewat knalpot dan berwarna hitam.

Tarikan berat

Setelan klep yang mulai agak rapat akibat memuai, di tarikan awal besutan lebih berat dan lambat, tapi putaran atas kencang. Kebalikannya, bila klep longgar atau kendur, tarikan awal lebih enteng. Tapi di putaran atas terasa agak berat.

Susah distarter saat pagi

Mesin susah hidup saat pagi, terjadi akibat karburator kotor, busi kotor, dan setelan klep berubah.

Getaran mesin tinggi

Ini disebabkan setelan karburator tidak pas atau terlalu besar, setelan klep tidak pas, dan baut mounting mulai kendur.

Oper gigi agak keras

Lantaran setelan kopling tidak pas atau berubah, pengoperan gigi terasa lebih keras. Tarikan awal agak nahan. Pada putaran agak tinggi, motor baru mau lari.

Turnamen Mobile Legend

Ini Dia Juara Pertama Turnamen Mobile Legend di Piala Presiden Esports 2019

merintis bisnis sendiri

Ini Usia Emas Buat Merintis Bisnis Sendiri