in

Tarif Parkir Jakarta Lagi Diwacanakan Naik Berkali-kali Lipat

tarif parkir
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Saat ini banyak media massa yang memberitakan usulan Pemprov DKI Jakarta yang ingin menaikkan tarif parkir kendaraan pribadi menjadi berkali-kali lipat. Kemungkinan besar tarif parkir di ibu kota akan naik menjadi Rp60.000 per jam untuk kendaraan mobil atau roda empat, sedangkan untuk sepeda motor akan dikenakan biaya sebesar Rp18.000 per jam.

Dilansir dari kompas.com, Kasubag Tata Usaha UP Perparkiran Dishub DKI Jakarta Dhani Grahutama mengatakan angka-angka tersebut baru menjadi usulan perubahan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2017 tentang Perparkiran.

Rencananya, tarif akan dibagi menjadi dua golongan, yakni golongan A dengan tarif yang lebih mahal untuk tempat parkir yang bersinggungan dengan angkutan umum. Sementara itu, golongan B memiliki tarif yang lebih murah dengan tarif maksimal untuk mobil sebesar Rp40.000 dan tarif untuk sepeda motor maksimal Rp12.000.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa usulan perubahan tarif tersebut merupakan upaya Pemprov DKI Jakarta untuk mendorong masyarakat beralih ke transportasi publik. Selain itu, kenaikan tarif parkir ini dilakukan seiring dengan meningkatnya pendapatan masyarakat. Kenaikan tarif parkir juga dilakukan untuk mengatasi masalah kemacetan yang sering terjadi karena kendaraan pribadi.

Dhani Grahutama mengatakan sudah ada beberapa tempat yang siap diimplementasikan untuk penerapan tarif terbaru tersebut. Namun, tarif parkir tertinggi tersebut baru diterapkan pada kendaraan yang tidak lolos atau belum melakukan uji emisi.

Implementasi tarif parkir tertinggi sudah dilakukan di IRTI Monas, Blok M, dan Samsat Jakarta Barat. Selain itu, ada enam lokasi lainnya yang akan disiapkan, yakni Plaza Interkon, Park and Ride Kalideres, Pasar Mayestik, Ruas Jalan Mangga Besar, Ruas Jalan Denpasar Raya, dan Ruas Jalan Boulevard Raya.

Sistem parkir ini masih dikenakan untuk kendaraan yang tidak membayar pajak tahunan kendaraan bermotor.

tempat wisata di Indonesia

Deretan Tempat Wisata di Indonesia yang Super Indah dan Sudah Diakui UNESCO

burger tidak sehat

Terbuat dari Roti Sayur dan Daging, Tapi Kenapa Burger Tidak Sehat?