in

Teh Kekinian Favorit: Matcha Green Tea, Thai Tea, dan Cheese Tea

cheese tea
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Teh adalah minuman tradisional yang sudah dikenal sejak lama. Berawal dari Cina, tradisi minum teh mulai merambah ke negara-negara lain, termasuk Indonesia. Aneka varian teh kekinian mulai muncul dan menjadi favorit milenial. Olahan teh yang terkenal dan banyak disukai adalah matcha green tea, thai tea, dan cheese tea. Kira-kira, apa sih bedanya?

Matcha green tea

Matcha adalah varian teh hijau yang berasal dari Jepang. Matcha dibuat dengan menggiling daun teh menjadi halus seperti tepung. Secara tradisional, matcha dibuat dengan cara menyeduh tepung tersebut dengan air panas, kemudian diaduk dengan chasen, alias pengaduk teh yang terbuat dari bambu dengan ujung halus.

Eits, nggak banyak yang tahu lho kalau matcha itu berbeda dengan green tea pada umumnya. Mengonsumsi green tea, berarti kamu cuma bakal meminum air seduhannya saja. Tapi kalau mengonsumsi matcha, kamu bakal mengonsumsi seluruh tepung daun teh tersebut.

Matcha biasa dikonsumsi dengan tambahan susu, gula, sirup vanilla, dan tambahan lain sehingga menghasilkan rasa unik yang creamy.

Thai tea

Seperti namanya, teh yang satu ini berasal dari Negeri Gajah, Thailand. Tidak seperti matcha yang dibuat dari bubuk teh hijau, thai tea menggunakan teh hitam jenis ceylon yang berasal dari Sri Lanka sebagai komposisi utamanya. Tak lupa, campuran susu untuk membuat rasa creamy dan tekstur yang legit.

Thai tea juga menggunakan bahan-bahan lain dalam pembuatannya seperi santan kelapa, air limau, biji asam, atau rempah-rempah lain untuk memperkaya rasa thai tea.

Thai tea tidak cuma dinikmati sebagai minuman dingin berbahan dasar teh dan susu. Campuran lain seperti serbuk cokelat ataupun bubble ditambahkan untuk memperkaya rasa minuman ini.

Cheese tea

Apakah kamu penggemar keju? Tentu udah nggak asing lagi dong dengan cheese tea. Namanya saja udah menunjukkan bahwa minuman kekinian ini menggunakan bahan dasar teh dan keju. Dan ternyata, cheese tea ini berasal dari negara Taiwan lho, guys. Kreatif banget, ya!

Cheese tea dibuat dengan bahan air teh yang diberi campuran krim keju di atasnya. Krim keju ini terbuat dari keju krim yang dicampur dengan susu kental manis dan bahan-bahan lain. Tekstur krim keju yang foamy dan rasa keju yang manis-gurih berpadu dengan kesegaran teh pasti bikin nagih, deh!

Nah, dari tiga jenis teh kekinian tersebut, kira-kira kamu tim mana nih? Apakah tim matcha green tea, tim thai tea, atau tim cheese tea?

fakta cupcake

Fakta Cupcake, Nggak Cuma Sekadar Miniatur Kue

sewa mobil

Tips Sewa Mobil untuk Liburan Keluarga