in

Teknik Merapikan Baju ala Konmari

inspirasi untuk merapikan baju yang sudah sangat menumpuk

merapikan baju ala konmari
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Kamu bingung bagaimana caranya merapikan baju di lemari yang sudah sangat menumpuk, padahal kapasitas lemari tidak terlalu besar? Mungkin kamu bisa mengikuti teknik merapikan baju ala KonMari yang berasal dari Jepang. KonMari merupakan seni beberes dan cara merapikan barang yang diciptakan oleh Marie Kondo.

Teknik ini sangat bermanfaat dan memberikan kamu banyak inspirasi untuk mengatur semua barang yang ada di rumah, termasuk baju di lemari. Merapikan baju ala KonMari dilakukan dengan cara memilah dan menatanya kembali dengan tepat dan benar sehingga baju tidak terlalu padat bertumpuk.

Pada dasarnya teknik-teknik yang diciptakan oleh Marie Kondo ini adalah mengorganisir barang di rumah menjadi seefisien mungkin. Berikut ini cara memilah barang yang bisa kamu ikuti.

  1. Saat memilah-milah baju, jangan fokus mencari baju yang akan didonasikan atau dibuang. Kamu harus tahu apakah baju tersebut masih bisa memberikan kamu joy atau kebahagiaan. Kamu harus jujur dengan diri kamu, masih perlukah benda ini disimpan atau apakah saya akan kekurangan atau menjadi tidak lebih bahagia jika baju ini disingkirkan.
  2. Setelah memilah baju-baju yang sudah tidak kamu butuhkan, pastikan sisa baju yang akan disimpan sudah memiliki lokasi penyimpanan yang memadai.

Setelah memilah-milah baju yang akan disimpan di dalam lemari, kamu harus mengetahui cara melipat baju ala Marie Kondo yang disukai banyak orang. Mungkin awalnya kamu beranggapan teknik ini sangat rumit karena cara melipatnya sedikit berbeda dari cara melipat yang biasa kamu lakukan. Tapi, banyak yang sudah melakukan dan mengatakan bahwa teknik melipat baju ini terbukti rapi, baju jadi tidak kusut, dan terlihat lebih indah.

Melipat baju ala Marie Kondo mengutamakan konsep hemat tempat karena konsep menata lemari yang digunakan adalah berdiri alias vertikal bukan penataan mendatar. Meskipun akan semakin banyak lipatan yang ada, namun baju tidak akan kusut dan lemari akan terlihat lebih rapi. Dengan catatan kamu bisa konsisten mempertahankan cara melipat baju ala Marie Kondo.

Kamu bisa menonton tutorial melipat baju ala Marie Kondo di YouTube. Banyak orang yang sudah mencontohkannya. Seperti yang di-posting oleh TimePass Machi yang berjudul Tidy up Your Home: The Konmari Method: Storing clothes 2: Demosntration.

 

 

 

 

 

 

membuat hidroponik

Daripada Bengong di Rumah, Yuk Coba Membuat Hidroponik untuk di Kamar

kroket roti

Kroket Roti, Sarapan Lezat Nan Mudah