in

Teknologi Tol Nirsentuh, Gak Perlu Ribet-Ribet Pake Tongkat E-Toll Lagi!

Wah makin canggih aja nih, guys!

tol nirsentuh
foto: Pixabay

Ngobrolin.id Tol nirsentuh merupakan teknologi yang diciptakan untuk pengguna ruas tol agar mereka tidak perlu melakukan pembayaran dengan E-toll. Nama teknologi tersebut adalah Multi Lane Free Flow (MLFF). Pengemudi tidak perlu membuka kaca kendaraan untuk melakukan pembayaran dan sistem akan secara otomatis mencatat transaksi tersebut.

Teknologi tol nirsentuh ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System keluaran Roatex Ltd Zrt. Teknologi tersebut akan mencatat secara otomatis saldo transaksi di ­e-wallet pengendara.

Nantinya, para pengguna jalan tol perlu memasang perangkat e-Obu (aplikasi smartphone), On Board Unit (OBU), atau tiket perjalanan (road ticket) yang bisa digunakan untuk satu kali perjalanan.

Pada simulasi, para pengendara akan diberi pilihan ingin membayar melalui model apa, yaitu aplikasi E-Obu, perangkat OBU, atau road ticket.

Jika pengguna memilih E-Obu, ia harus mengunduh aplikasi tersebut di Play Store atau App Store. Setelah itu, masukkan data-data pribadi yang dibutuhkan, kemudian akan muncul konfirmasi persetujuan registrasi tersebut.

Setelah persetujuan selesai, pengendara dapat memilih menu car registration dan mengisi seluruh data kendaraan pribadi yang dibutuhkan. Selanjutnya, pilih e-wallet yang ingin digunakan dan setelah itu pengguna sudah bisa melewati gerbang tol secara otomatis.

Nantinya, saldo di dalam e-wallet bakal terpotong secara otomatis ketika melewati gerbang tol. Jika saldo di dalam e-wallet ternyata kurang, pengguna akan dikenakan penalti, tetapi penalti tersebut masih dalam pembahasan oleh pengembang.

Jika memiliki OBU, pengendara tidak perlu melakukan registrasi. Pengendara cukup memasang alat OBU di kendaraan dan saldo akan terpotong secara otomatis.

Sementara itu, apabila pengendara memilih tiket perjalanan, pengendara perlu membeli tiket tersebut sebelum masuk tol. Rencananya road ticket akan dijual di beberapa tempat seperti SPBU dan lain-lain. Roatex akan memasang mesin untuk membeli tiket di pom bensin. Mesin tersebut bisa digunakan pengendara untuk membeli tiket dari mana dan untuk kemana.

Roatex akan lebih merekomendasikan aplikasi E-Obu atau OBU untuk pengendara yang melewati jalan tol dengan sistem MLFF.

Saat ini teknologi tersebut masih dalam tahap uji coba dan masih hanya digunakan oleh pengembang. Kemungkinan besar sosialisasi teknologi ini baru akan dilakukan di pertengahan 2022.

negara paling bahagia

Daftar Negara Paling Bahagia di Dunia 2021

Xiaomi tv Stick

Xiaomi Mi TV Stick, Ubah TV Biasa Jadi Smart TV