in

Telepon Jadul Ini Pernah Jadi Paling Hits

telepon jadul
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Walaupun sekarang alat komunikasi ini sudah tergerus smartphone, pesawat telepon masih dikenal, lho. Cikal bakal alat komunikasi instan ini sudah melalui berbagai perkembangan teknologi. Aneka telepon jadul pernah jadi alat komunikasi paling hits pada masanya.

Telepon rumah

Puncak kejayaan telepon rumah berkisar pada era 1990-an di Indonesia. Pada masanya, sebagian besar rumah punya telepon sebagai alat komunikasi. Beberapa rumah bahkan memiliki lebih dari satu telepon rumah.

Karena tidak bisa dibawa kemana-mana, orang hanya bisa mencari tahu keberadaan pemilik telepon ketika ia sedang ada di rumah. Sering kali satu rumah juga tidak mengetahui siapa yang menelepon dan sedang mencari siapa. Duh, ribet, ya?

Wartel (warung telepon)

Konsepnya mirip dengan warnet alias warung internet. Bedanya, barang yang digunakan adalah telepon. Lamanya penggunaan serta tujuan telepon menjadi tolok ukur harga yang harus dibayar.

Di beberapa tempat yang memiliki akses telepon terbatas, wartel jadi solusi. Bahkan, acap kali sampai mengantre. Nggak kebayang, ya, kalau sekarang masih harus menghubungi orang dari wartel?

Telepon koin

Jika wartel punya penjaga yang akan mengawasi berapa lama kita menelepon, telepon koin tidak perlu itu. Cukup dengan memasukkan koin pecahan seratus, dua ratus, hingga lima ratus rupiah kita sudah bisa bercengkerama dengan orang yang kita tuju. Lamanya waktu telepon pun bergantung dengan jumlah rupiah yang kita bayarkan di awal.

Sayangnya, telepon umum jumlahnya terbatas. Telepon ini hanya bisa dijumpai di tempat umum seperti sekolah, rumah sakit, dan sebagainya. Apakah kamu sudah pernah mencoba telepon umum?

Telepon kartu

Telepon kartu merupakan perkembangan dari telepon koin. Jika sebelumnya pembayaran menggunakan koin, kali ini pembayaran dilakukan menggunakan kartu. Kartunya sendiri bisa merupakan kartu khusus telepon atau kartu serba guna.

Di dalam kartu tersebut sudah terdapat sejumlah nominal rupiah yang akan berkurang jika digunakan. Kita bisa membeli kartu telepon di gerai-gerai tertentu. Namun, rupanya penggunaan telepon kartu tidak seramai telepon koin.

arti nama negara

Arti Nama Negara-Negara Asia Tenggara, Sudah Tahu?

Daging tanpa lemak

Pilih Daging Tanpa Lemak, Kenapa Demikian?