in

Tempat Kerjamu Penuh Tekanan Tetapi Kamu Masih Bertahan? Lakukan Ini

Belum menemukan tempat baru dan harus bertahan? Lakukan ini agar tidak gila di tempat kerja

mengatasi tempat kerja penuh tekanan
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Ada banyak alasan mengapa kita memilih bekerja di suatu tempat. Mulai dari nominal gaji yang ditawarkan, kesempatan berkembang, jenjang karier, hingga kenyamanan dalam bekerja. Namun, tidak semua tempat kerja ideal bagi setiap orang, lho. Berikut ini tips mengatasi tempat kerja penuh tekanan tetapi kamu masih ingin bertahan karena alasan lain. Yuk, simak sebelum kamu semakin stres.

Langkah pertama tentu saja tidak boleh diawali dengan menyerah. Kamu lebih kuat dari yang kamu bayangkan, lho. Jadikan tekanan yang ada di perusahaanmu bekerja sekarang adalah tantangan yang harus kamu taklukkan. Tentu, kamu akan berjuang sekuat mungkin, bukan?

Langkah kedua adalah mengingat kembali motivasimu berada di tempat kerjamu sekarang. Bisa jadi ini adalah impianmu selama ini. Bisa jadi, jenjang karier yang menjanjikan jika sudah dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Intinya, selalu ingat tujuan awal yang membuatmu berada di sini dan masih ingin berada di sini.

Mengingat tujuan juga harus dilakukan dengan pikiran positif. Nggak lucu ketika kamu terus mengeluh saat bekerja tapi masih ingin bertahan. Hal tersebut justru akan membuatmu semakin merasa tertekan karena lingkunganmu sudah tidak kondusif.

Simpan energimu untuk melakukan hal-hal positif. Selalu fokus pada pekerjaan dan jangan hiraukan lingkungan. Semakin banyak energi negatif yang kamu keluarkan, semakin banyak pekerjaan yang harus kamu selesaikan dengan suasana hati yang tidak keruan.

Nggak ada salahnya, lho, untuk melakukan aktivitas yang membuatmu bahagia selepas jam kerja. Mulailah menikmati waktu di malam hari dengan makan di restoran favorit, menonton film kesukaan, pergi ke gym, atau berkumpul dengan teman karibmu di luar kantor.

Tak hanya di malam hari selepas bekerja, kamu juga harus memaksimalkan hari libur dan cuti milikmu. Ambil liburan bersama teman atau mengunjungi keluarga. Keluarkan beban yang selama ini mengendap di pikiran. Lingkungan kantormu nggak perlu tahu, dong, bahwa selama ini kamu merasa lelah dengan keadaan yang membuatmu tertekan ini.

Jika lingkunganmu sudah semakin toxic, kamu bisa menenangkan pikiranmu terlebih dahulu. Jangan terpancing dengan lingkungan yang sudah negatif. Bila kamu mengikuti arus, kamu hanya akan terseret ke dalamnya.

Terakhir, kamu bisa merenungkan keputusan untuk keluar dari tempat kerjamu yang sekarang dan mencari kantor baru. Hanya saja, jangan lakukan hal ini hanya karena lingkungan. Kamu harus bisa menaklukkannya karena kita tidak pernah tahu seperti apa lingkungan kerjamu yang baru, bukan?

 

kecanduan smartphone

Suka Iseng Ngecek Smartphone? Bisa Jadi Karena Kecanduan

hewan langka

Pemanasan Global, Hewan Langka Ini Diambang Kepunahan