in

Tempat Promosi Bisnis Online Gratis!

Promosi bisnis online gratis
Foto: pixabay

Ngobrolin.id Promosi bisnis online gratis bukan lagi mustahil di era digital ini. Kita tidak lagi perlu melakukan promosi gencar dengan membakar uang untuk membuat spanduk atau pamflet. Berbagai layanan iklan gratis terdapat di banyak platform. Yuk, simak tempat promosi bisnis online gratis!

Facebook

Sudah bukan rahasia jika Facebook jadi sarang para penjaja bisnis online. Berbagai promosi gencar dilakukan di media sosial yang satu ini. Belum lagi dengan adanya Facebook Ads yang sangat membantu penjual mempromosikan dagangannya. Layanan tersebut dibebankan biaya bagi pengguna jasanya.

Tapi jangan khawatir, manfaatkan Facebook secara gratis sebagai media promosi juga masih sangat bisa dilakukan. Kamu bisa promosi melalui akun personal, fans page, page stories, grup, story, hingga event.

Eits, tapi jangan terlalu sering menampilkan produkmu, ya. Cari tahu waktu-waktu tertentu yang jadi prime time kamu untuk berjualan. Jangan sampai orang lain jadi ilfil karena terlalu sering lihat produkmu.

Instagram

Masih berada dalam naungan yang sama dengan Facebook, media berbagi foto ini juga merupakan media promosi yang menjanjikan. Tentu saja jika kita bisa memanfaatkannya, promosi tersebut bisa dilakukan dengan gratis.

Kamu bisa berpromosi melalui Instagram post, stories, live, dan kini bisa dengan kanal terbaru berupa Instagram TV. Kamu juga bisa mengaktifkan akun bisnis untuk mengetahui seberapa banyak pengunjung yang datang ke akunmu.

Instagram juga memiliki fitur berbayar yang memungkinkan produkmu dijangkau oleh pengguna yang tidak terhubung langsung denganmu. Tapi, siap-siap keluarkan kocek jika ingin memakai fitur ini.

Pinterest

Visual memang menarik dan cocok banget sebagai sarana promosi. Selain Instagram, ada lagi lho wadah untuk menunjukkan keunggulan produk kita melalui foto. Salah satunya adalah Pinterest.

Kamu bisa membuat akun untuk mengunggah foto produk milikmu. Dengan menggunakan editing dan teknik fotografi yang tepat, fotomu bisa menarik banyak orang. Sebuah survei menunjukkan 72 persen pengguna Pinterest mengatakan akan tertarik berbelanja ketika melihat gambar-gambar di sana.

Di Pinterest, kamu juga bisa menemui berbagai fitur antara lain pinterest communities, tribes, group boards, dan boards. Manfaatkan semaksimal mungkin untuk promosi, ya.

varian sate taichan

Sate Taichan, Sate Ayam Unik Tanpa Bumbu Kacang

Candida auris

Candida Auris, si Jamur Mematikan