in ,

Temukan Hewan Ini Saat Mendaki Gunung

Hobi mendaki gunung akan membuatmu kaya akan pengetahuan, termasuk soal binatang hutan

mendaki gunung
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Saat kamu mendaki gunung, kamu tidak hanya akan bertemu dengan sesama pendaki. Kadang, ada beberapa jenis hewan yang juga bisa kamu temui sepanjang perjalanan mendaki gunung. Jangan khawatir, walaupun hewan liar, selama kamu tidak mengganggu mereka tidak akan menjadi buas, kok.

Hewan yang paling mungkin kamu temui ketika mendaki gunung adalah babi hutan. Kamu bisa menjumpai babi hutan di banyak gunung di Indonesia mulai dari Gunung Sindoro, Gunung Slamet, Gunung Papandayan, dan banyak lagi.

Babi hutan kerap mengganggu para pendaki yang menginap di dalam tenda. Mereka bisa mengobrak-abrik tenda dan barang bawaan para pendaki. Biasanya, mereka mencari makanan yang dibawa oleh pendaki gunung.

Jika kamu tidak ingin terganggu dengan ulah babi hutan, sebaiknya jangan mendirikan tenda dekat dengan lokasi pembuangan sampah. Selain itu, peralatan masak yang kamu gunakan juga harus selalu bersih agar tidak mengundang kedatangan babi hutan.

Kamu juga bisa bertemu dengan hewan buas seperti macan tutul jika sedang mendaki gunung. Walaupun termasuk hewan langka, keberadaan mereka di hutan alam liar masih terjaga hingga sekarang.

Salah satu wilayah yang masih menjadi habitat bagi macan tutul adalah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang terletak di Jawa Barat. Di sini, jumlah macan tutul yang tersisa hanya tinggal 25 ekor.

Hewan buas lainnya yang juga dapat kamu temui adalah elang jawa. Hewan dengan nama Latin Nisaetus bartelsi ini merupakan burung endemik yang berhabitat di Pulau Jawa.

Kamu dapat berjumpa dengan elang jawa jika sedang mendaki di area Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Karena merupakan hewan langka, elang jawa dipantau ketat oleh Tim Pengendali Ekosistem Hutan Taman Nasional Gunung Merapi.

Selain itu, kamu juga dapat menemukan hewan menggemaskan, monyet ekor panjang atau dalam bahasa Latin memiliki nama ilmiah Macaca fascicularis. Monyet ekor panjang berhabitat di beberapa gunung Indonesia seperti Gunung Salak, Gunung Merapi, Gunung Galunggung, Gunung Batur, dan banyak lagi.

Walaupun tampak menggemaskan, monyet ini dapat menyerangmu dan meminta makanan. Jadi, selalu berhati-hati saat bepergian mendaki gunung dan berpapasan dengan hewan ini.

diet sambil ngemil

Diet dengan Camilan Ini, Nggak Menyiksa!

makanan pedas

Suka Makan Pedas? Kombinasikan dengan Buah Ini, Rasanya Unik!