in

Teori-teori tentang Deja Vu

deja vu, fenomena aneh yang sering dirasakan

deja vu
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Apakah kamu pernah merasa berada pada suatu situasi, namun tiba-tiba kamu merasa bahwa situasi tersebut sudah pernah dialami. Tapi kamu sulit menjabarkan kapan dan di mana. Itulah yang dinamakan deja vu. Sebenarnya, sangat banyak teori-teori yang membahas kenapa manusia bisa mengalami hal ini. Pasalnya, penelitian tentang fenomena ini pun sangat sulit untuk dilakukan sehingga menciptakan banyak teori.

Deja vu berasal dari bahasa Prancis yang artinya ‘sudah pernah melihat’. Istilah ini pertama kali dicetuskan oleh seorang filosofis dan ilmuwan asal Prancis pada 1876. Menurut Profesor Alan Brown yang berasal dari Souht Methodist University yang disampaikan dalam The Deja Vu Illusion hampir dua pertiga penduduk dunia pasti pernah mengalami fenomena ini. Menurutnya, penyebab dari fenomena ini adalah disfungsi biologis seperti yang terjadi pada penderita epilepsi.

Menurut teori versi Profesor Alan Brown, deja vu terjadi karena kejang yang terjadi di area lobus temporal otak manusia, keadaan yang sama seperti saat manusia mengalami epilepsi yang mengakibat seseorang kehilangan konsentrasi penuh.

Teori lain yang menjelaskan fenomena ini adalah Familiaty Based Recognition. Teori ini menjelaskan bahwa fenomena ini terjadi karena ketidakmampuan seseorang mengenali dengan baik suatu objek.

Misalnya, saat kamu berada di lorong sekolah kemarin sehabis makan siang, dan hari ini pun berada di lorong sekolah yang sama saat ingin masuk kelas. Karena lokasinya sama, kamu merasa sudah pernah mengulang kejadian tersebut. Padahal, waktu dan situasi yang terjadi berbeda.

Hal ini bisa terjadi pada manusia sehat, deja vu bisa disebabkan akibat timbulnya rasa kemiripan, padahal hanya implisit atau samar-samar saat mengunjungi suatu tempat atau sedang berada dalam suatu kondisi.

Uniknya, di Indonesia fenomena ini sering dikaitkan dengan kejadian-kejadian supranatural yang dipercaya oleh warga lokal. Dan, ada sebagian masyarakat lain percaya bahwa fenomena ini hanya sebuah kebetulan yang terjadi begitu saja tanpa ada penjelasan yang ilmiah. Begitulah penjabaran beberapa teori deja vu yang paling umum ditemukan.

 

mata panda

Cara Menghilangkan Mata Panda

potret band

5 Lagu Potret Band yang Populer Hingga Saat ini