in

Terbuat dari Apakah Saus Tiram?

terbuat dari apakah saus tiram
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Seringkali kita mendengar kata saus tiram sebagai salah satu bumbu untuk menyedapkan masakan. Warnanya yang hitam dan bertekstur kental dengan aroma yang khas bikin masakan, terutama tumisan, jadi lebih nikmat. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya sebenarnya terbuat dari apakah saus tiram itu?

Saus tiram berasal dari Cina. Bahasa Tionghoa menjuluki si hitam ini dengan nama hao you. Seperti namanya, saus ini ternyata dibuat dari tiram asli, lho. Itulah alasan saus tiram memiliki campuran rasa yang unik, yaitu gurih dan asin.

Saus tiram berkualitas dibuat dari tiram yang dimasak sampai mengental. Lebih baik, proses memasak ini tidak ditambahkan garam, penyedap rasa, dan pengawet. Saus tiram yang benar-benar asli dari tiram biasanya memiliki potongan tiram dalam bentuk yang kecil-kecil.

Harga saus tiram asli sendiri sangatlah mahal. Oleh karena itu, konsumsi saus tiram tidak digunakan oleh masyarakat sembarangan. Saus tiram yang biasa beredar di pasaran umumnya terbuat dari kaldu tiram.

Bedanya dengan saus tiram premium, kaldu tiram ini dibuat hingga teksturnya encer. Agar teksturnya menjadi pekat dan kental, ditambahkan zat pengental. Bisa digunakan bahan tepung pengental untuk memperbaiki tekstur ini.

Rasa yang lezat juga berasal dari kaldu saus tiram. Namun, ditambahkan karamel gula dan penyedap masakan untuk mempertegas rasanya. Penyedap yang umum digunakan adalah monosodium glutamat alias MSG.

Saus tiram juga memiliki versi khusus vegetarian, lho. Saus tiram vegetarian ini terbuat dari bahan dasar jamur. Perasa ditambahkan agar rasanya lebih sedap.

Penggunaan saus tiram dalam masakan tidak perlu terlalu banyak. Hal ini karena rasa asin yang cukup kuat pada saus tiram sudah bisa memberikan cita rasa. Terkadang, garam atau kecap asin juga tidak perlu ditambahkan jika sudah memasak dengan bumbu ini.

Biasanya, masakan yang sering dibubuhi saus tiram adalah tumis sayur-sayuran. Masakan itu antara lain cap cay, tumis kailan, fuyunghai, lo mie, dan lain-lain. Di Indonesia, penggunaannya meluas mencakup bumbu untuk membuat mie goreng dan nasi goreng.

Karena terbuat dari tiram, saus ini banyak mengandung nutrisi. Kandungan tersebut antara lain zink, omega riga, kalsium, lemak, kalium, zat besi, vitamin B12, vitamin c, magnesium, dan natrium.

perbedaan MRT, LRT dan KRL

Ternyata Ini Perbedaan MRT, LRT dan KRL

cara mengatasi perut buncit

Waspada Perut Buncit, Atasi dengan Cara Ini