in ,

Terbuat dari Roti Sayur dan Daging, Tapi Kenapa Burger Tidak Sehat?

Siapa yang suka bingung? s

burger tidak sehat
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Tahukah kamu kalau burger itu merupakan salah satu makanan fast food yang paling tidak sehat. Padahal, kalau dilihat-lihat dari bahan baku utamanya, seperti sayur, daging, roti, dan terkadang ada tambahan keju seharusnya bisa menjadi makanan yang menyehatkan. Lantas kenapa bisa burger tidak sehat bagi tubuh ya?

Makanan fast food yang super lezat ini bisa membuat kamu ketagihan untuk terus memakannya yang akan berlangsung pada 20 menit gigitan pertama. Penyebabnya adalah adanya zat aditif seperti sodium fosfat dan nitrat. Makanya, burger sering disajikan bersama dengan kentang goreng karena nafsu makan kamu yang habis makan burger langsung meningkat cukup pesat.

Terlalu banyak natrium yang masuk ke tubuh membuat ginjal harus bekerja lebih keras untuk menyingkarkan natrium. Kondisi tersebut membuat jantung bekerja lebih cepat untuk memompa darah ke pembuluh darah.

Rasa kenyang yang ditimbulkan dari burger juga tidak bertahan lama hanya sekitar 40 menit hingga satu jam. Apalagi, untuk ukuran orang Indonesia yang kalau belum bertemu nasi rasanya belum afdol. Nah, makin banyak deh jumlah kalori yang kamu makan dalam satu hari tersebut. Dilansir dari kompas.com, dalam satu burger sendiri sudah mencapai 540 kalori.

Rasa kenyang yang cukup singkat ini karena tubuh menghasilkan insulin setelah mengonsumsi gula. Kandungan gula di dalam burger sendiri juga terbilang banyak sekitar 10 gram gula atau setara satu sendok makan.

Kandungan lemak, kalori, dan sodium yang tinggi bisa membuat tubuh kamu bekerja lebih ekstra, deh!

Sistem metabolisme tubuh seseorang sangat memengaruhi waktu pengolahan burger di dalam tubuh. Namun, rata-rata tubuh manusia memerlukan waktu 2—3 hari untuk mengolah seluruh bagian dari satu burger yang berukuran besar.

Sebenarnya, burger yang tidak sehat ini tetap boleh kamu konsumsi, asal jangan terlalu sering apalagi dikonsumsi setiap hari. Kalau sudah seperti itu, akan membawa kamu lebih dekat dengan penyakit jantung dan stroke.

Kamu bisa membuat burger sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang lebih sehat. Dengan begitu kamu tidak akan terlalu berdosa setelah memakan burger. Emang sih burger tuh enak banget, tapi apalah arti enak kalau bisa membuat kamu jadi sakit di kemudian hari?

tarif parkir

Tarif Parkir Jakarta Lagi Diwacanakan Naik Berkali-kali Lipat

nasi padang

Alasan di Balik Fenomena Porsi Nasi Padang yang Dibungkus Lebih Banyak