in

Tere Liye: Tentang Kamu, Tentang Hidup, dan Tentang Berjuang

Novel Tentang Kamu
Foto: instagram buku_online_murah

Ngobrolin.idNovel Tentang Kamu karya Tere Liye menyajikan konflik yang tidak biasa. Novel ini sendiri sudah diterbitkan sejak 2016 silam dan mendapat penilaian 4,4 dari 5 di situs Goodreads. Seperti apa kisahnya?

Sampul gambar sepatu di buku ini menceritakan perjalanan Sri Ningsih yang sangat panjang. Sri sendiri merupakan seorang yang menyenangkan. Pembawaannya yang tenang dengan kepribadian yang positif, ternyata didapatkannya dengan tidak mudah. Cobaan bertubi-tubi justru membawanya sampai ke titik tertinggi.

Sri Ningsih lahir di kawasan nelayan yang tinggal di tengah Laut. Tentu saja hal itu tidak terpikirkan oleh Zaman Zulkarnaen, seorang pengacara yang dipercaya mengusut aset kekayaan Sri Ningsih. Sementara, perempuan sepuh itu sendiri meninggal di panti jompo di suatu kota di Prancis.

Tapi begitulah hidup berjalan. Tidak ada yang menyangka jika akhirnya gadis nelayan itu bisa melanjutkan pendidikannya yang sempat tertunda ke suatu madrasah di Madiun. Meskipun pada akhirnya, ia harus kehilangan adik dan kehidupan layaknya sejak serangan PKI 1965.

Namun hidup harus terus berjalan. Demikian pula dengan Sri Ningsih yang masih terus berjuang. Perempuan itu telah menjelma menjadi sosok yang hebat setelah kehilangan satu-satunya keluarga dekatnya.

Ia merantau ke Jakarta, mengubah nasib lewat nasi goreng, bisnis sewa mobil, hingga sabun. Sampai akhirnya ia memutuskan pindah jauh dari Indonesia ke belantara Eropa karena hal genting yang tak bisa diungkap.

Meninggalkan kemewahan tidak mudah, tapi hal itu tidak berarti bagi Sri Ningsih. Hidup sederhana dan bahagia adalah impiannya. Menjadi supir bus, jatuh cinta dengan seorang penumpangnya, dan hidup berdampingan dengan tetangga yang baik hati telah memudahkan jalan hidupnya.

Sampai suatu hari, Sri Ningsih menghilang untuk kedua kalinya. Kali ini, untuk menua di suatu panti jompo di Kota Paris. Hingga akhir hayatnya, tak ada yang benar-benar tahu tentang Sri Ningsih. Semuanya terkubur dalam buku diari yang dipercayakan kepada pengasuhnya di panti jompo.

Dan rahasia itu ternyata menyimpan bom yang mematikan. Di tengah konflik pribadinya, Zaman harus bisa bijaksana menyelesaikan kasus klien seniornya itu. Dan, dengan menilik kembali perjuangan perempuan tangguh itu, kita akan tahu.

Tentang Kamu ditulis oleh Tere Liye tidak hanya untuk bercerita soal perjuangan seorang dari kampung halaman menuju metropolitan. Tentang Kamu juga mengajarkan kita tentang hidup dan berjuang untuk impian.

Perjuangan tidak akan mengkhianati hasil. Perjuangan pulalah yang akan membawa takdirmu menuju jalan yang kamu inginkan. Meskipun sering kali, jalan tersebut dipenuhi bayang-bayang masa lalu yang tak juga pergi.

Sekali lagi, Tere Liye telah membuktikan kemampuannya meracik cerita dan membuat alur yang rumit tanpa ada rasa bosan di setiap halaman. Penulis ini berhasil memberikan sentuhan sejarah, cinta, nilai moral, dan membungkusnya dengan kalimat-kalimat yang indah untuk dibaca.

 

varian kroket

Varian Kroket di Mancanegara, Ternyata Terkenal!

risiko penyakit kanker

Waspada! 7 Pekerjaan Ini Berpotensi Tingkatkan Risiko Penyakit Kanker