in ,

Ternyata, Ada Danau Tersembunyi di Bawah Es Antartika

danau di antartika
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Antartika merupakan salah satu wilayah di Bumi yang menyimpan sejuta misteri. Baru-baru ini para ilmuwan menganalisis data pencitraan satelit milik Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) dan menemukan adanya danau di Antartika bawah lapisan es Antartika. Informasi tersebut dilansir dari laman kompas.com.

Selama ini Antartika terkenal sebagai daratan yang selalu diselimuti oleh salju, tetapi tak disangka-sangka ada sebuah danau air yang mencair di bawah lapisan es.

Para ilmuwan mengungkapkan ada variasi ketinggian es di Antartika Barat yang mencerminkan massa besar pergerakan air subglasial di bawah lapisan es tersebut. Sebelum penemuan dipublikasi, peneliti memperkirakan bahwa danau es yang mencair itu sangat tersembunyi di lapisan es Antartika.

Namun, pada 2007 peneliti menemukan adanya fluktuasi ketinggian permukaan es Antartika yang menandakan adanya pergerakan air mengalir di antara jaringan danau subglasial. Aliran tersebut terus mengalir mengisi danau dan air di danau mengalir lagi ke Samudera Selatan.

Akhirnya, peneliti meluncurkan satelit pertama kalinya pada 2018 untuk meneliti danau-danau baru. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan yang lebih tajam tentang jaringan danau yang misterius tadi.

Dari misi tersebut juga diketahui bahwa ada dua danau lainnya yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Melalui dua satelit yang sudah dikirimkan NASA, sepanjang 2003 hingga 2020 para peneliti berhasil memantau danau subglasial aktif yang selama ini tersembunyi di bawah es Antartika.

Penelitian yang telah dilakukan dapat memberikan pandangan yang lebih jelas terhadap aktivitas dan garis besar danau subglasial yang diketahui terdapat di Antartika dan menemukan dua anomali yang terlihat mirip seperti danau tersembunyi yang sebelumnya belum terdeteksi.

Danau tersebut berpotensi menjadi aktif dan disebut sebagai Danau Subglasial Bawah Conway dan Danau Subglasial Bawah Mercer. Kedua danau itu terletak dekat danau yang sudah ditemukan sebelumnya.

Para peneliti menjelaskan bahwa jauh di bawah lapisan es di Antartika Barat ada air mengalir dari danau subglasial yang diperkirakan terus mengalir ke laut. Namun, rute aliran air tersebut masih sulit untuk divisualisasikan dan tersembunyi. Penemuan danau di Antartika sudah dipublikasikan dalam jurnal Geiphysycal Reserch Letters.

 

 

skincare lokal

Merek Skincare Lokal Terbaru yang Patut Kamu Lirik

paradise garden

Paradise Garden, Series Terbaru Jefri Nichol dan Vanesha yang Mengusut Kasus Misteri