in

Ternyata Begini Sejarah McDonald’s yang Kelam

sejarah McDonald’s
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Restoran franchise cepat saji ini siapa sih yang tidak kenal? Kamu pasti juga sering, kan, mampir ke McDonald’s sekadar beli es krim McFlurry atau menu-menu terbarunya yang selalu up to date itu. Ternyata sejarah berdirinya restoran yang identik dengan warna merah-kuning ini penuh drama, lho. Kurang lebih, beginilah sejarah McDonald’s hingga bisa sebesar sekarang.

sejarah McDonald’s
Foto: pixabay

Kakak beradik Richard dan Maurice McDonald pertama kali membuka restoran ini pada 1940 di San Bernardino, California. Mereka berprinsip menyajikan kualitas terbaik dengan cara yang efektif.

McDonald bersaudara memperkenalkan speedee service system atau sistem pelayanan yang cepat mulai 1948. Simulasi speedee service system dilakukan di sebuah lapangan tenis bersama karyawan-karyawan mereka. Sistem tersebut kemudian menjadi dasar pelayanan rumah makan cepat saji era modern masa kini.

Namun McDonald’s tersebut bukanlah restoran seperti yang kita kenal sekarang. Adalah Ray Kroc yang membeli, mengubah, dan memodernisasi restoran milik kakak adik tersebut hingga kini tersebar ke seluruh dunia.

Ia adalah seorang pebisnis yang berjualan mesin pembuat milkshake instan ke restoran-restoran. McDonald’s adalah salah satu restoran yang ia datangi dan akhirnya ia berkenalan dengan pemilik restoran itu.

Mulai 15 April 1955 hingga kini, tanggal tersebut diperangati McDonald’s sebagai hari ulang tahunnya. Ray Kroc juga mengaku sebagai pendiri McDonald’s, hal tersebut ditulis dalam surat kabar yang rilis di Amerika ketika pembukaan cabang rumah makan McDonald’s.

Maskot awal restoran ini adalah seorang kepala koki dengan kepala berbentuk hamburger yang merujuk pada ‘speedee’. Pada 1962, simbol busur menggantikan maskot tersebut. Mulailah pada 1965, badut Ronald McDonald diperkenalkan untuk menggaet target anak-anak. Kini, lambang restoran ini adalah dua busur berwarna kuning yang membentuk huruf M.

Bersamaan dengan rilisnya badut Ronald McDonald, saham perusahaan juga dijual kepada publik oleh Ray Kroc. Hal ini ditentang oleh pendiri restoran, yaitu McDonald bersaudara. Namun akhirnya, kakak beradik itu memilih pergi dari kontrol bisnis waralaba tersebut.

Ekspansi yang terus dilakukan restoran ini membuat McDonald’s menjadi gambaran globalisasi dan gaya hidup orang Amerika ke seluruh penjuru dunia. Sejak awal Juni 2018, kantor pusat global rumah makan ini berpindah dari Oak Brook ke Chicago, Illinois.

Kini, franchise restoran ini mencapai lebih dari 37.000 di seluruh dunia. Berdasarkan laporan dari BBC, saat ini McDonald’s memiliki total karyawan terbanyak kedua di dunia, yaitu mencapai 1,5 juta karyawan di seluruh gerai.

Powerpuff girls

Kenalan Yuk Sama Personil Baru The Powerpuff Girls

apa sih NOS itu

Oh… Ini yang Namanya NOS