in , ,

Ternyata Hobi Jadi Pekerjaan Gak Selamanya Indah

Memang bisa menghasilkan uang, tetapi bukan berarti gak ada bagian pahit yang perlu kamu rasakan

hobi jadi pekerjaan
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Banyak orang yang bermimpi dapat melakukan hal-hal yang disukai alias hobi menjadi bidang pekerjaannya. Sebab, bisa mendapatkan pemasukan dari hal yang disukai. Kalau dilihat sepintas, kurang enak apa coba?! Namun, faktanya tidak selamanya hobi jadi pekerjaan itu indah lho, guys! Penasaran kenapa hobi jadi pekerjaan itu tidak selamanya dapat membuat kamu nyaman? Simak ulasannya di bawah ini!

Harus profesional

Sebelum menjadikan hobi sebagai pekerjaan, kamu mesti paham kalau hobi yang akan kamu kerjakan harus lebih profesional. Kamu sudah tidak bisa melakukan hobi hanya untuk kesenangan pribadi. Kamu harus melakukannya sesuai dengan apa yang diminta oleh klien.

Kondisi tersebut tentu saja bisa membuat kamu jenuh karena meski judulnya ‘hobi’, tetapi kamu perlu menjalankannya sesuai dengan aturan atau permintaan konsumen (klien).

Harus bisa menekan idealisme

Masih berkaitan dengan poin pertama, hobi yang dijadikan pekerjaan harus dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku. Ini artinya, kamu harus banyak belajar untuk menekan idealisme kamu dalam menjalankan hobi yang kamu sukai. Sebab, tidak selamanya idealisme kamu bisa sesuai dengan permintaan atau situasi tersebut.

Bingung mencari tempat pelampiasan saat jenuh

Kondisi ini sering dialami oleh mereka yang hanya memiliki satu hobi dan satu-satunya hobi tersebut merupakan bidang pekerjaan yang digeluti.

Kondisi ini dapat mengakibatkan kamu bingung untuk melepas stres. Sebab, rasanya pasti jenuh untuk melakukan hal yang sama ketika sedang penat. Pasti ada keinginan yang tebersit di dalam hati untuk melakukan kegiatan lain yang bisa membuat kamu lupa sejenak dengan pekerjaan.

Rawan terjebak pada zona nyaman

Hobi memang dapat membuat kamu nyaman, tetapi hal tersebut justru dapat membahayakan kamu. Sebab, rasa nyaman tersebut malah bisa membuat kamu terjebak dalam zona nyaman. Kalau kamu tidak cepat-cepat menyadarinya, kamu bisa menjadi kurang berkembang.

Oleh karena itu, meski terasa nyaman melakukan hal yang kamu sukai, kamu juga perlu menetapkan target dan mengikuti perkembangan yang sedang terjadi pada saat ini.

 

mengunyah

Bahaya Mengunyah Hanya pada Satu Sisi untuk Kesehatan Gigi

maldives

Cerita Tentang Maldives Sebelum Menjadi Destinasi Honeymoon Turis dari Berbagai Negara