in ,

Ternyata Ini Penyebab Ngantuk di Pagi Hari

penyebab ngantuk di pagi hari
Foto: Fitwell Blog

Ngobrolin.id — Saat kamu merasa ngantuk di pagi hari, kamu pasti mengira hal tersebut disebabkan oleh tubuh yang kelelahan dan kurang istirahat. Namun tahukah kamu? Sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab ngantuk di pagi hari. Berikut penjelasannya.

  1. Dehidrasi

Ketika tubuh kekurangan cairan, aliran darah ke otak semakin berkurang. Hal ini kemudian dapat membuat tubuh menjadi mudah mengantuk. Selain itu, dehidrasi juga dapat menyebabkan kram pada kaki dan mengganggu kualitas tidur.

  1. Siklus tidur alami tubuh

Dalam sehari, tubuh kita akan mengantuk secara alami pada dua periode, yakni saat tengah hari (pukul 1 siang hingga 4 sore), dan malam hari tepatnya tengah malam hingga 7 pagi. Jika pada dua periode tersebut kita berada dalam kondisi terjaga, risiko mengantuk tentunya akan meningkat keesokan harinya.

  1. Efek samping obat-obatan

Jika kamu mengonsumsi obat-obatan sebelum beraktivitas, perhatikan efek samping apa yang dapat terjadi dari obat tersebut. Pasalnya, beberapa obat memiliki efek samping. Di antaranya menyebabkan kantuk seperti obat antidepresan, antipsikotik, penurun tekanan darah, obat jantung, obat asma, dan masih banyak lagi.

  1. Kafein

Mengonsumsi kafein memang mampu membuat tubuh kita terjaga. Apalagi, jika dikonsumsi sebelum tidur. Kafein yang dikonsumsi sebelum tidur akan meningkatkan rasa waspada dalam tubuh yang membuat kamu terjaga dan akhirnya mengganggu kualitas tidur. Hal ini dikarenakan kafein akan tetap bekerja dalam tubuh sekitar 6 jam setelah dikonsumsi.

  1. Alkohol

Sama dengan kafein, alkohol dalam jumlah tertentu yang dikonsumsi malam hari sebelum tidur dapat menimbulkan rasa kantuk keesokan harinya. Meskipun yang dikonsumsi sedikit, alkohol dapat membuat durasi tidur dan kualitas tidur berubah secara keseluruhan.

  1. Gangguan tidur

Adanya gangguan tidur seperti insomnia dapat membuat waktu tidur menjadi berkurang. Selain itu, masih ada gangguan tidur lainnya seperti sleep apnea (gangguan pernapasan saat tidur, narkolepsi, atau sindrom kaki gelisah). Ada juga gangguan tidur bernama hypersomnia, yakni kondisi ngantuk berlebih saat pagi atau siang hari walaupun sudah tidur cukup.

jenis concealer

Tutupi Noda Hitam dengan Beragam Jenis Concealer

membeli foundation secara online

5 Hal yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Membeli Foundation Secara Online