in

Ternyata Ini Perbedaan Hijab, Jilbab, dan Kerudung

perbedaan hijab, jilbab, dan kerudung
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Saat ini, hijab fesyen sedang menjadi tren di Indonesia. Karena itu, tentu kamu sudah tidak asing dengan kata hijab, jilbab, dan kerudung. Akan tetapi, ternyata masih banyak juga yang belum tahu bahwa ketiga hal itu berbeda, meski sama-sama penutup kepala. Lalu, apa perbedaan hijab, jilbab, dan kerudung?

Hijab

Secara harfiah dalam bahasa Arab, hijab berarti penghalang atau penutup. Nah, apa pun yang digunakan untuk menutupi aurat wanita inilah yang disebut dengan hijab. Oleh karena itu, sebenarnya istilah hijab memiliki makna yang sangat luas.

Hijab adalah segala hal yang menutupi hal-hal yang harus ditutupi bagi muslimah. Jadi, hijab muslimah tidak hanya sebatas menutupi kepala atau rambut saja. Hijab yang dimaksud ini menutupi seluruh aurat wanita dari ujung rambut hingga kaki.

Jilbab

Secara etimologis, jilbab berasal dari bahasa Arab yang berarti menghimpun atau membawa. Isitlah jilbab pun berbeda-beda di setiap negara. Di Indonesia, penggunaan kata jilbab digunakan secara luas sebagai busana panjang yang menutupi sebagian kepala perempuan (area rambut dan leher) yang digabung dengan pakaian yang menutupi tubuh kecuali telapak tangan dan kaki.

Sementara, menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), jilbab adalah kerudung lebar yang dipakai perempuan muslim untuk menutupi kepala dan leher sampai ke dada.

Kerudung

Kerudung adalah semacam selendang yang menutupi sebagian besar atau seluruh bagian atas kepala dan rambut perempuan. Nah, dalam pemakaiannya, kerudung tidak terbatas karena faktor agama saja. Bisa karena cuaca, tren fashion, kebersihan, kesopanan, dan alasan-alasan lainnya.

Dalam konteks agama, kerudung tidak hanya digunakan oleh wanita muslim, lho. Wanita-wanita Yahudi Ortodokos yang sudah menikah pun diwajibkan untuk menutupi rambut mereka, seringkali mengenakan kerudung yang disebut tiche atau snood.

Wanita Katolik juga mengenakan kerudung saat menghadiri Misa atau Perayaan Ekaristi. Kerudung ini disebut Kerudung Misa atau Mantilla. Sementara, di beberapa negara di Eropa Timur, mayoritas wanita lanjut usia mengenakan penutup kepala yang diikat pada area dagu.

kesehatan mental

Jangan Tinggal Sendiri, Nanti Alami Masalah Kesehatan Mental Lho!

tangki mobil

Kuras Tangki Mobil Hindarkan Kamu dari Mogok Mendadak