in ,

Ternyata Makanan Ini Sumber Vitamin K Bagi Tubuh

Wow, enak-enak, lho makanannya!

sumber vitamin K
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Tubuh memerlukan banyak asupan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya. Salah satunya adalah vitamin K. Beberapa makanan ini ternyata adalah sumber vitamin K yang baik bagi tubuh.

Vitamin K sendiri membantu tubuh dalam membekukan darah. Jika tubuh kita kekurangan vitamin K, luka yang berdarah akan sulit disembuhkan karena darah akan keluar terus-menerus.

Seperti vitamin B, vitamin K juga terdiri atas beberapa macam. Vitamin K1 umumnya ditemukan dalam kelompok makanan sayuran. Sementara, vitamin K2 bisa ditemukan dalam produk susu. Vitamin ini juga bisa diproduksi oleh mikro-organisme dalam usus manusia.

Sebaiknya, konsumsi vitamin K diberikan sesuai kebutuhan usia. Bayi umumnya hanya memerlukan vitamin K sebanyak 2,5 mikrogram per hari. Anak-anak hingga berusia 13 tahun membutuhkan 60 mikrogram per hari. Sementara, orang dewasa dengan usia di atas 19 tahun membutuhkan hingga 120 mikrogram per hari.

Beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan harian sebagai berikut.

Sayuran

Bayam dan selada memiliki kandungan vitamin K yang cukup tinggi. Selain itu, jenis sayuran lain yang memiliki kandungan vitamin K antara lain bunga kol, asparagus, brokoli, lobak, kangkung, kale, dan sawi.

Satu buah mentimun ukuran sedang, biasanya mengandung 49 mikrogram vitamin K. Sementara, setengah cangkir daun bawang bisa mengandung 103 mikrogram vitamin ini.

Buah-buahan

Selai ditemukan pada sayuran, vitamin K juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan. Stroberi, alpukat, plum, dan beri adalah sumber vitamin K. Selain itu, kiwi, avokad, dan bluberry juga merupakan sumber vitamin K yang baik. Satu cangkir blueberry dapat mengandung 35 mikrogram vitamin K.

Susu dan olahannya

Susu terutama susu rendah lemak mengandung vitamin K. Olahan turunan susu seperti keju juga mengandung vitamin yang baik bagi penderita penyakit hati atau liver ini.

Makanan berbahan kedelai

Tahu dan tempe adalah olahan yang murah dan menyehatkan. Olahan lain dari kedelai yang juga menjadi sumber vitamin K yang baik adalah natto. Kedelai fermentasi khas Jepang ini bisa mengandung 500 mikrogram vitamin K hanya dalam ¼ cangkir.

Bumbu

Oregano yang biasa digunakan pada menu pasta adalah salah satu bumbu yang mengandung vitamin K. Selain itu, daun basil kering juga memiliki kandungan vitamin K yang cukup baik. Satu ons daun basil kering mengandung hingga 410 miligram vitamin K.

Makanan lain

Jenis makanan lain sumber protein seperti telur, ikan, ikan tuna, hati, daging, hingga sereal juga mengandung vitamin K dengan jumlah kecil. Namun, jika kita rutin mengonsumsinya secara seimbang, kebutuhan vitamin K bisa terpenuhi.

koleksi terbaru Converse

Koleksi Terbaru Converse Tunjukkan Makna Wanita Lho

Hari Pendidikan Nasional

Mengenang Jasa Guru di Hari Pendidikan Nasional