in ,

Ternyata Minum Teh Sehabis Makan Tidak Baik

ayo coba kurangi kebiasaan minum teh sehabis makan

Minum Teh Sehabis Makan
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Teh merupakan salah satu minuman yang digemari oleh masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Minuman ini sering dijadikan sebagai minuman penyambut tamu dan minuman rutin sehari-hari. Oleh karena itu, setiap daerah memiliki racikan teh yang berbeda. Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh masyarakat adalah minum teh sehabis makan.

Rasanya akan sangat lengkap jika teh dihidangkan bersamaan makan siang di tengah siang bolong. Apalagi bakso atau mi ayam, seperti pasangan yang serasi. Teh yang sering digunakan adalah daun teh yang dikeringkan. Sebenarnya, daun teh memiliki segudang manfaat jika diminum dengan tepat.

Daun teh mengandung anti-oksidan yang tinggi sehingga mampu meregenerasi dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Teh juga berkhasiat untuk mencegah penuaan dini dan melawan radikal bebas.

Teh memang bagus jika rutin dikonsumsi karena mampu mencegah timbulnya penyakit seperti kanker, hipertensi, penyakit hati, stroke, dan serangan jantung. Dauh teh juga membantu menurunkan serta mengendalikan berat badan. Aroma yang mampu merelaksasi otot-otot dan khasiatnya membuat teh menjadi minuman favorit.

Di balik deretan manfaat tersebut, teh juga dapat menjadi bahaya jika tidak tepat mengonsumsinya. Salah satunya meminum teh sehabis makan.

Minum teh sehabis makan dapat mengganggu sistem pencernaan serta penyerapan nutrisi yang dibawa oleh makanan ke dalam tubuh. Daun teh mengandung asam tanin dan polifenol. Kedua kandungan tersebut dapat mengganggu proses penyerapan zat besi dan protein. Hal ini karena kedua zat tersebut memiliki sifat mengikat kedua nutrisi di dalam usus.

Tubuh pun jadi tidak bisa menyerap dan menguraikan zat-zat tersebut. Padahal, kedua zat tersebut merupakan nutrisi penting bagi tubuh. Salah satu manfaat penting dari kedua nutrisi tersebut adalah membentuk jaringan dan sel-sel tubuh. Karena terjadi gangguan, nutrisi yang masuk ke tubuh pun akan sia-sia.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk minum teh? Jika kamu ingin minum teh sehabis makan, berikan jeda satu hingga satu setengah jam. Minumlah teh hijau yang mampu melancarkan pencernaan. Teh juga dapat diminum satu jam sebelum makan.

justin bieber

Justin Bieber Dikabarkan Didiagnosis Terkena Lyme

Gunung Taal

Gunung Taal Filipina Meletus