in ,

Ternyata Urban Farming Sudah Menjadi Tren di Dunia

ternyata menanam menjadi kegiatan yang mengasyikan

urban farming
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Perserikatan Bangsa-Bangsa memprediksi bahwa populasi penduduk dunia pada 2050 akan mencapai angka yang sangat fantastis, sekitar 9 milar penduduk. Kehidupan sangat erat kaitannya dengan konsumsi. Ketika semakin banyak yang melakukan konsumsi, sumber daya alam yang dibutuhkan akan semakin banyak. Urban farming digadang-gadang mampu menjadi solusi permasalahan yang akan terjadi.

Pelan tapi pasti, ternyata makin banyak penduduk di berbagai belahan dunia yang mulai sadar dan menyetujui bahwan urban farming akan menjadi solusi yang tepat. Tren ini kian membesar di beberapa negara. Yuk, mari kita lihat bagaimana tren tersebut berkembang di berbagai belahan dunia.

USA

Di Kota New York banyak penduduk yang memiliki penghasilan rendah mengalami obesitas dikarenakan kekurangan asupan nutrisi yang didapatkan dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Melihat fenomena tersebut, pemerintah menyediakan lahan-lahan serta pelatihan urban farming  kepada para penduduknya.

Proyek yang dijalankan pemerintah berupa bertanam di atas atap, memanen air hujan, dan berkebun di halaman. Akibat program yang dicanangkan oleh pemerintah tersebut, kini New York menjadi kota dengan pertanian di atas atap terbesar di dunia.

Indonesia

Di Jakarta tren tersebut mulai dicanangkan dan masyarakat mulai banyak yang sadar akan pentingnya menanam tanaman sayuran. Oleh karena itu, saat ini mulai banyak beberapa gedung yang disulap atapnya menjadi lahan berkebun.

Mesir

Berbeda dengan New York yang belum lama ini mencanangkan program bertanam di atas atap, di Mesir program tersebut sudah dijalankan sejak 1990 meskipun masih dilakukan dalam skala kecil. Hingga pada 2001 ide menanam di atas atap mulai diadopsi oleh FAO (Food and Agriculture Organization) sehingga kegiatan menanam di atas atap menjadi lebih berkembang di negara ini.

United Kingdom

Di Inggris terdapat desa yang bernama Tordmorden dan sudah terkenal sebagai desa percontohan urban farming yang sukses.

Jepang

Jepang merupakan negara yang memiliki luasan areal yang sempit dengan jumlah penduduk yang cukup banyak, membuat 50 persen kebutuhan pertanian harus diimpor dari luar. Namun, kini konsep urban farming sudah mulai berkembang dan diadopsi oleh warga Jepang.

 

 

destinasi wisata di tasikmalaya

5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Tasikmalaya

fiersa besari

Fiersa Besari Pamit?