in

Ternyata, Warna Paprika Punya Pengaruh pada Rasa

warna paprika
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Paprika terkenal dengan warnanya yang bervariatif. Ada yang berwarna hijau, kuning, dan merah. Ternyata, warna paprika tersebut punya pengaruh pada rasa, lho! Tiap warna tersebut tidak hanya membedakan penampilan paprika, tetapi rasa dan nutrisi. Berikut ini beberapa perbedaan dari masing-masing warna paprika.

Paprika hijau

Paprika hijau dipetik sebelum benar-benar matang. Jika paprika sudah matang, warnanya akan berubah menjadi kuning lalu oranye. Paprika yang sudah benar-benar matang akan berwarna merah.

Paprika ini memiliki rasa yang getir, bahkan cenderung sedikit pahit. Kandungan nutrisi di dalam paprika hijau terbilang paling sedikit. Pasalnya, paprika dipetik lebih awal sehingga kandungan vitamin A, C, dan B6-nya relatif lebih sedikit. Namun, satu porsi paprika hijau mampu memenuhi 200 persen kebutuhan vitamin C harian tubuh.

Harga paprika hijau cenderung lebih murah daripada paprika lainnya. Meski rasa dan nutrisinya tidak seunggul paprika yang lain, paprika hijau memiliki daya simpan yang relatif lebih lama.

Paprika kuning

Paprika kuning dan oranye cenderung terasa sedikit manis dengan kandungan vitamin yang lebih banyak dibanding paprika hijau. Biasanya, paprika kuning dipetik saat menjelang matang.

Paprika merah

Paprika merah bercita rasa manis dengan kandungan vitamin lebih banyak karena sudah mengalami proses pematangan sempurna.

Kandungan betakaroten di dalam paprika merah lebih banyak sembilan kali lipat daripada paprika hijau. Kandungan vitamin C-nya pun lebih banyak dua kali lipat.

Paprika merah memang lebih baik digunakan dalam masakan. Namun, karena paprika merah sudah terasa manis, dikhawatirkan membuat makanan kamu akan terasa lebih manis lagi. Harga paprika merah terbilang lebih mahal dibanding paprika lainnya karena rasa dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

little mom

Little Mom, Ketika Mimpi Siswi Cantik sebagai Dokter Terancam Karena Hamil

Lord Adi

Kenal Lebih Dekat dengan Lord Adi, Pembangun Kekaisaran di MasterChef Indonesia