in ,

Ternyata yang Disebut Sabun Selama ini Belum Tentu Sabun Beneran, Lho!

Kamu pengguna sabun atau body wash?

sabun
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Coba cek di kamar mandi kamu, apakah sabun yang selama ini kamu gunakan menggunakan kata ‘soap’ atau malah menggunakan kata body wash, shower dan lain-lain. Ternyata, tidak semua produk pembersih badan itu termasuk sabun, lho!

Sabun dibuat dengan proses saponifikasi atau proses pencampuran antara garam, natrium, ataupun kalium yang berasal dari asam lemak dan bisa diturunkan dari lemak lalu bereaksi dengan alkali. Proses tersebut terjadi pada suhu 80°C hingga 100°C. Proses ini akan menghasilkan garam asam lemak atau sabun. Sementara itu, body wash yang banyak beredar di pasaran tidak melalui proses ini, makanya tidak bisa disebut sebagai sabun.

Sabun sebenarnya sudah banyak beredar di pasaran. Orang Indonesia lebih mengenalnya dengan home made soap. Kalau kamu search di Google, pasti akan muncul di pencarian teratas.

Sabun memang cukup mudah dibuat sendiri, hanya waktu yang dibutuhkan untuk proses pembuatannya yang cukup panjang. Setelah proses pencampuran bahan utama seperti asam lemak dengan alkali, kamu harus menunggu kurang lebih 1—2 hari. Setelah itu, baru akan terbentuk batangan sabun.

Batangan yang sudah jadi belum bisa digunakan karena teksturnya masih lembek sehingga harus didiamkan selama enam minggu lamanya.

Bahan-bahan dasar yang digunakan untuk membuat home made soap adalah minyak zaitun, minyak sawit, sodium hydroxide (soda api), dan destilled water. Air keran atau air mineral tidak bisa digunakan karena kandungannya menimbulkan dampak negatif ketika bereaksi dengan soda api. Semua bahan akan aman untuk kulit apabila dicampur dengan cara yang benar dan kadarnya tepat.

Pewarna dan pewangi alami juga bisa ditambahkan untuk membuat sabun menjadi lebih wangi dan menarik.

Pembuatan sabun harus dilakukan dengan material safety data sheet untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga akibat reaksi bahan kimia yang digunakan. Jangan lupa menggunakan alat pelindung seperti kacamata, masker, sarung tangan, gunakan baju lengan panjang agar soda api tidak terkena kulit, dan lakukan pencampuran semua bahan di luar ruangan karena bisa menghasilkan asap yang berbahaya.

Kalau kamu tertarik untuk membuat sabun sendiri, sebaiknya ikuti kelas atau workshop pembuatan sabun yang dilatih oleh praktisi yang sudah ahli.

 

 

potong rambut

Alasan Kawula Muda Potong Rambut Setelah Putus Cinta

film horor

Alasan Film Horor Masih Sering Ditonton Padahal Penontonnya Penakut