in ,

Teror Sebelum Iblis Menjemput Ayat 1, Anak Kecil Gak Boleh Nonton ya!

kebanyakan teror, euy!

sebelum iblis menjemput ayat 1
foto: Instagram @chelseaislan

Ngobrolin.id — Dulu banyak warganet yang suka membanding-bandingkan pesona Pevita Pearce dan Chelsea Islan, dua aktris Indonesia muda, berbakat, dan tentunya mempesona. Nah, sekarang gak usah dibanding-bandingin karena mereka berdua dipertemukan dalam satu film horor yang berjudul Sebelum Iblis Menjemput Ayat 1. Tak tanggung-tanggung, mereka berdua berperan menjadi saudara tiri di dalam film tersebut.

Film Sebelum Iblis Menjemput memiliki dua ayat, yaitu ayat 1 yang tayang pada 2018 dan ayat 2 tayang pada 2020. Film ini digarap oleh Timo Tjahjanto, film maker yang terkenal dengan genre horor unsur gore, seperti film Rumah Dara yang terkenal cukup sadis.

Cerita di dalam film ini sebenarnya cukup klasik bagi masyarakat Indonesia dan sudah sering digunakan dalam film horor, yaitu kisah pesugihan alias kaya karena bantuan iblis. Dikisahkan Lesmana yang diperankan oleh Ray Sahetapy melakukan perjanjian dengan setan agar bisnis propertinya berjalan mulus.

Namun, ia tidak rela jika anaknya, Alfie, yang diperankan oleh Chelsea Islan menjadi tumbal untuk si iblis. Akhirnya, Lesmana memberikan rambut orang lain kepada si penyihir, tapi penyihir tahu bahwa itu bukan rambut Alfie. Sebelum si penyihir berhasil menyerang Lesmana, ia sudah lebih dahulu mengambil ancang-ancang untuk membunuh si penyihir.

Sebelum akhirnya mati, penyihir berhasil mengambil rambutnya Lesmana, lalu dimasukkan ke kertas dan ia telan. Setelah itu, Lesmana menjadi terkutuk oleh arwah iblis dari penyihir tersebut.

Setelah kematian ibunya Alfie yang dikira bunuh diri, Lesmana menikah kembali dengan Laksmi, mantan artis yang sudah punya dua anak, yaitu Maya yang diperankan Pevita Pearce dan Ruben yang diperankan oleh Samo Rafael. Perkawinan tersebut menghasilkan satu orang anak bernama Nara.

Sejak perkawinan tersebut, hubungan Alfie dengan ayahnya semakin renggang. Alfie baru bertemu kembali dengan keluarganya setelah mendapati kabar Lesmana sedang sakit keras.

Sepeninggal Lesmana, Alfie mengunjungi vila tempat ayahnya melakukan perjanjian dengan iblis hanya untuk bernostalgia dengan kenangan masa kecilnya. Sementara itu, ibu tiri dan saudara tirinya juga datang ke vila tersebut untuk mencari dokumen penting karena mereka ingin menjual vila tersebut. Nah, di sinilah bagian-bagain kengerian dari film Sebelum Iblis Menjemput Ayat 1 terjadi.

Sebenarnya, unsur gore sudah ditampilkan sejak awal cerita, misalnya ketika Lesmana diteror dengan rambut panjang di rumah sakit. Namun, ternyata terror tersebut hanya seperti pemanasan yang gak ada apa-apanya dengan bagian cerita di vila.

Teror demi teror terus terjadi, mulai dari Laksmi yang kerasukan iblis dan berubah menjadi seperti zombie. Lalu diteruskan ke Maya yang mendapatkan boneka voodoo, boneka tersebut mewakili Ruben, Nara, dan Alfie. Maya bisa mematahkan tulang tubuh saudaranya sesuka hati.

Film ini sudah jelas tidak cocok ditonton oleh anak kecil karena banyak unsur gore. Buat kamu yang gak tahan sama darah atau sama unsur-unsur thriller, film ini sudah dipastikan akan membuat kamu susah tidur dan overthinking.

Sayangnya, masih banyak plot hole di alur cerita film ini yang membuatnya menjadi terkesan kurang jelas dan penonton kurang mendapatkan poin dari film Sebelum Iblis Menjemput Ayat 1.

Selain itu, ada banyak detail kecil yang diabaikan dari pembuatan film ini, seperti ada air yang turun ketika Alfie menggali kuburan si penyihir yang notabene berada di basemen rumah.

Secara keseluruhan film ini cukup menghibur, memberikan warna baru dalam film horor Indonesia, tapi masih perlu dimatangkan agar lebih bagus lagi.

Jesy Nelson

Jesy Nelson Memutuskan untuk Keluar dari Little Mix, Banyak Fans yang Terkejut

itinerary liburan

Seberapa Penting Itinerary Liburan?