in ,

Tersandung Kasus Plagiasi, Katy Perry Terancam Sanksi Ganti Rugi

Lima tahun berlalu, ternyata begini hasil yang harus diterima Katy Perry dan kawan-kawan

kasus plagiasi lagu Katy Perry
Foto: isntagram katyperry

Ngobrolin.id — Nama besar Katy Perry nyatanya masih bisa terseret dalam kasus cukup memalukan. Salah satu lagu yang melambungkan namanya, Dark Horse, terbukti menjiplak lagu Joyful Noise yang telah lebih dulu diunggah pada 2008. Wah, lantas bagaimana kronologi kasus plagiasi lagu Katy Perry ini, ya?

Katy Perry mengawali kariernya sebagai Katy Hudson. Sadar namanya sangat mirip dengan aktris Kate Hudson, Katy kemudian mengganti nama panggungnya dengan nama belakang ibunya menjadi Katy Perry.

Awal kariernya di dunia industri hiburan dengan nama panggung Katy Perry, terbilang cukup sukses. Namun, namanya baru benar-benar dikenal sejak meluncurkan album keduanya yang berjudul One of the Boys. Lagunya yang berjudul I Kissed a Girl dan Ur So Gay tak hanya menarik penggemar, tapi juga banyak menimbulkan pro dan kontra.

Tahun ke tahun, kariernya di dunia musik semakin meningkat. Hingga akhirnya ia merilis album keempatnya yang diberi judul Prism. Album tersebut sangat laris hingga terjual lebih dari 4 juta kopi.

Single ketiga dari album tersebut adalah Dark Horse, yang dirilis pada 17 Desember 2013. Beragam kontroversi mewarnai peluncuran lagu dan musik video dari Dark Horse. Mulai dari kecaman karena menunjukkan pembakaran lafal ‘Allah’ dan banyaknya lambang iluminati pada musik videonya, hingga tuduhan plagiasi.

Tuduhan tersebut datang dari rapper Flame yang mengunggah video Joyful Noise di YouTube pada 2008. Gugatan pertama diajukan oleh pihak label musik kepada Katy Perry atas tuduhan pencurian nada lagunya.

Lima tahun berlalu, juri pengadilan federal di Los Angeles akhirnya memberikan hukuman berupa sanksi ganti rugi terhadap pihak tergugat. Flame menggugat sebanyak $550 ribu atau setara dengan Rp7,8 milliar kepada Katy Perry dan tujuh penulis lagu Dark Horse lainnya.

Tak hanya itu, Capitol Records sebagai label yang menaungi Katy Perry pun kena gugat. Juri pengadilan meminta perusahaan rekaman tersebut membayar denda sebanyak $1,2 juta. Wow, bukan angka yang kecil, ya?!

Flame sendiri merupakan seorang rapper yang lekat dengan lagu-lagu gospel, termasuk lagu Joyful Noise. Tak hanya itu, Flame juga berpendapat bahwa citranya sebagai penyanyi musik Kristen menjadi ikut terseret kasus musik video berbau anti-Kristen yang hadir dalam video musik Dark Horse.

idol group yang akan debut

Siap-Siap, Ini Idol Group yang akan Debut dan Comeback Bulan Ini

smoothie berbahan oat

Kaya Serat, Ini Aneka Smoothies Berbahan Oat