in

Tertarik Bekerja Remote? Harus Siap Tahan Banting!

Nggak ngantor nggak masalah, as long as kamu siap jalani ini

kerja remote
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Banyaknya keuntungan kerja remote alias kerja dari jarak jauh sering digaungkan. Tak ayal banyak generasi milenial yang tertarik mengikuti cara kerja ini. Sayangnya, promosi kerja remote tak diimbangi dengan sikap yang seharusnya dimiliki oleh pekerja remote. Sudah siap dengan tantangannya?

Disiplin pada diri sendiri

Tantangan terbesar saat bekerja remote adalah disiplin. Mulai dari disiplin waktu, disiplin saat menjalankan tugas, dan aturan lainnya yang menjadi kesepakatanmu dan klien. Latihlah diri untuk menanggung konsekuensi bekerja di rumah yang penuh dengan godaan mulai dari tiduran, ngemil sepanjang waktu, hingga pekerjaan rumah yang menumpuk.

Kuasai teknologi

Saat melakukan kerja remote, teknologi sangat berperan. Jika kamu tidak menguasai teknologi, kelebihanmu akan terlibas oleh para pendatang baru. Kamu harus menguasai media komunikasi dengan teknologi dan banyak software yang bisa membantumu melakukan aktivitas pekerjaanmu.

Tumbuhkan motivasi

Karena tanpa pengawasan langsung, motivasi kerja sering kali turun. Solusinya? Kamu harus bisa terus menyemangati diri sendiri. Tumbuhkan motivasi dengan mengingat pengeluaran yang harus dibayar. Jangan lupa untuk memilih pekerjaan yang kamu sukai sehingga kamu tidak terbebani dengan kerja remote yang kamu jalani.

Tetap konsentrasi

Bekerja di rumah rawan akan godaan. Tetaplah berkonsentrasi. Caranya dengan menetapkan deadline di bawah kesepakatan yang kamu lakukan dengan pengguna jasamu. Saat bekerja, kamu bisa fokus dengan mematikan segala akses yang membuatmu gagal fokus. Mulai dari media sosial, alat komunikasi, dan menciptakan ruang kerja khusus yang bebas gangguan.

Batasi pekerjaan

Terakhir, batasi pekerjaan yang kamu ambil saat melakukan kerja remote. Jangan lupa, kamu juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Hal ini penting, supaya apa yang kamu kerjakan bisa membuahkan hasil yang maksimal. Sebab, kurangnya waktu beristirahat akan menurunkan fokus kamu saat bekerja.

Selain istirahat, kamu juga perlu waktu untuk bersosialisasi. Tujuan bekerja remote yang banyak diagung-agungkan adalah memungkinkan kamu memiliki waktu luang lebih. Jangan sampai, kamu justru tersiksa dengan pekerjaan yang kamu jalani dan melupakan kehidupan sosial yang kamu miliki.

resep apel goreng

Kulik Resep Apel Goreng, Praktis untuk Anak Kosan!

cara mencegah kebotakan

Cara Instan Cegah Kebotakan