in

Terungkap! Nggak Cuma Lezat, Ini Fungsi Telur Lainnya

Gunakan telur dalam masakan agar hasilnya lebih maksimal

alasan penggunaan telur
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Pencinta telur nggak boleh ketinggalan informasi ini! Kamu tentu sering dong memasukkan telur ke berbagai olahan masakan yang kamu buat? Selain itu, beberapa resep mewajibkan makanan sumber protein hewani ini sebagai bahan baku yang nggak boleh di-skip. Tim Ngobrolin bakal menjawab penasaranmu alasan penggunaan telur dalam berbagai masakan, nih.

Telur biasanya digunakan sebagai pemberi cita rasa gurih. Beberapa makanan seperti nasi goreng, olahan mi, dan olahan sayur menggunakan telur sebagai penambah rasa gurih dan sedap dalam masakan. Sumber protein ini juga terkenal akan aromanya yang lezat bila dipadukan dengan hidangan asin.

Selain itu, telur juga memiliki fungsi lain sebagai perekat atau lem dalam makanan tertentu. Sebut saja adonan sponge cake yang dibuat dengan mengunakan telur ini memanfaatkan sifat telur sebagai perekat agar menghasilkan kue yang tidak hancur.

Sifat telur sebagai perekat juga tampak saat kamu menggunakannya untuk “lem” risoles dan lumpia. Selain itu, telur juga merupakan salah satu bahan baku pembuatan bakso. Sifat adesif pada telur mampu mengikat bahan baku menjadi lebih kompak.

Telur juga berfungsi sebagai pengembang, terutama saat ditambahkan dalam adonan telur. Telur yang dikocok terlebih dahulu akan menangkap gelembung udara hingga membentuk buah. Buah dari telur ini memiliki tingkatan yakni buih dari ovalbumin yang paling kuat, buih dari ovomusin yang stabil, dan buih dari ovoglobin yang meningkatkan kekentalan.

Buih yang dihasilkan oleh putih telur alias albumin ini akan terbentuk bila kamu mengocoknya dengan kecepatan tinggi. Penambahan telur kocok pada adonan roti dapat meningkatkan daya kembang roti sehingga lebih mengembang.

Telur juga mampu mengentalkan dan membentuk gel. Sifat ini kerap digunakan untuk merekatkan emulsi minyak dan air, terutama dengan menggunakan bagian kuning telurnya. Pemanfaatannya dapat terlihat pada proses pembuatan puding yang ditambahkan kuning telur sebagai bahan bakunya.

Selain itu, telur juga memberikan tekstur yang empuk dan lembut pada roti. Kandungan lemak pada telur membuat hidangan yang diolah dengan telur menjadi lebih lembut. Misalnya adalah pada pembuatan kue dan bakso.

Terakhir, telur juga bisa memberikan tekstur mengilat. Pada olahan seperti kue, kukis, ayam panggang, dan olahan lain yang dipanggang, pemberian olesan telur di akhir tahap sebelum pemanggangan akan membuat hidangan tampak lebih mengilat. Selain itu, aromanya juga akan meningkat.

mengasah kreativitas

Asah Kreativitas Supaya Idemu Nggak Basi

diet sambil ngemil

Diet dengan Camilan Ini, Nggak Menyiksa!