in

Tetap Bugar Selama Ramadan dengan Tips Olahraga Ini

Berbagai cara masih bisa dilakukan agar kamu bisa tetap berolahraga saat puasa

tips olahraga saat puasa
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Siapa bilang bulan Ramadan jadi penghalang untuk berolahraga? Walaupun puasa, kamu masih bisa lakukan olahraga ini, lho. Kira-kira, apa saja tips olahraga saat puasa tanpa bikin lemas?

Jenis olahraga

Jenis olahraga yang baik dilakukan saat bulan puasa sebaiknya adalah olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang. Kamu bisa melakukan jalan kaki, jogging, atau bersepeda. Jangan melakukan olahraga intensitas tinggi ya, seperti sepakbola, maraton, atau olahraga lainnya.

Perhatikan makananmu

Ketika berpuasa, tubuh cenderung mengonsumsi makanan berat selama dua kali, yaitu ketika berbuka puasa dan ketika sahur. Karena waktu makan yang berkurang, umumnya orang-orang akan cenderung menambah porsi makan mereka. Apakah kamu salah satunya?

Untuk mencukupi kebutuhan asupan nutirisi, tubuh harus tetap mengonsumsi asupan dalam jumlah seimbang, ya. Apalagi kalau kita melakukan banyak aktivitas berat seperti bekerja, belajar, atau olahraga.

Pastikan makananmu sesuai porsi. Seimbangkan pula asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Jangan sampai mentang-mentang berbuka, lantas cuma minum es dan makan gorengan sampai kenyang, ya.

Penuhi kebutuhan cairan

Walaupun berpuasa, kebutuhan cairan tubuh tetap sama, lho. Idealnya, manusia mengonsumsi 1,5 hingga 2 liter air putih setiap harinya. Begitu pula ketika berpuasa. Siasati hal ini dengan banyak minum air putih ketika sahur dan setelah salat tarawih.

Banyaknya aktivitas yang dilakukan juga memengaruhi banyaknya cairan yang kamu butuhkan. Salah satu tips yang bisa diterapkan jika ingin berolahraga secara maksimal ketika bulan Ramadan adalah dengan minum air putih yang cukup.

Waktu olahraga

Ada dua pendapat berbeda mengenai hal ini. Pertama, olahraga sebaiknya dilakukan ketika sudah berbuka puasa. Kedua, olahraga sebaiknya dilakukan satu hingga setengah jam menjelang berbuka.

Waktu ideal ini berbeda-beda setiap orangnya, ya. Kamu harus mengetahui kondisi tubuhmu. Usahakan lakukan jenis olahraga yang dianjurkan dan tidak terlalu berlebihan. Keletihan yang terjadi bisa mengakibatkan lemas, pusing, bahkan pingsan.

Waktu tidur

Tak hanya waktu berolahraga, waktu beristirahat juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Pasalnya, waktu istirahat yang kurang bisa bikin tubuh jadi tidak fit, lho. Waktu istirahat untuk orang dewasa idealnya selama 7 hingga 9 jam. Yuk, mulai biasakan tidur teratur!

 

menu sahur sederhana

4 Menu Sahur Sederhana Buat yang Nggak Sempet Masak Lama

laptop layar lipat

Laptop Layar Lipat Siap Saingi Ketenaran Ponsel Lipat