in ,

Thalassophobia, Ketakutan Terhadap Perairan yang luas dan Dalam

Thalassophobia
foto: Unsplash

Ngobrolin.id — Apakah kamu pernah bergidik ngeri melihat foto perairan yang sangat dalam seakan tidak ada ujungnya. Nah, beberapa orang yang dapat merasakan fobia karena situasi tersebut, fobia tersebut bernama thalassophobia.

Seseorang yang mengalami thalassophobia merasa takut terhadap badan air yang terlihat luas, gelap, dalam, dan seakan-akan berbahaya. Pengidap fobia ini tidak sekadar takut terhadap visual air yang luas dan dalam, tetapi juga takut terhadap sesuatu hal yang berada di bawah permukaannya.

Nama thalassophobia sendiri berasal dari bahasa Yunani, “thalassa” yang berarti laut dan “phobos” berarti ketakutan. Ternyata, fobia ini terbilang cukup umum di Amerika Serikat dan tidak diketahui secara pasti jumlah pengidapnya. Dan faktanya, fobia ini lebih sering dialami oleh wanita.

Pengidap thalassophobia dapat merasa ketakutan secara fisik dan emosional serta mengalami gangguan kecemasan. Ketika melihat tampilan visual air yang luas dan dalam, dirinya akan merasa pusing, sakit kepala, mual, detak jantung berdebar kencang, napas menjadi pendek, sesak napas, dan berkeringat.

Sementara itu, pengidap juga dapat merasa mudah lelah dan kewalahan, muncul rasa cemas, mulai fokus pada rasa takut sehingga merasa terpisah dari situasi, memiliki rasa takut bakal ada malapetaka yang akan terjadi, dan ingin segera melarikan diri.

Gejala-gejala tersebut biasanya dapat muncul jika pengidap bersentuhan langsung dengan laut atau perairan lainnya, seperti sedang naik kapal atau berada di dalam pesawat dengan pemandangan lautan. Bahkan, ada juga yang bisa merasakannya ketika sedang menerjang banjir yang terlalu dalam.

Pengidap juga tidak hanya bergidik ngeri ketika melihat foto perairan yang luas dan dalam, tetapi langsung merasa gugup atau cemas.

Jika kondisi tersebut dialami oleh kamu atau orang terdekat, dilansir dari halodoc.com, hal pertama yang perlu lakukan dalah merelaksasi pikiran dan tubuh dengan cara bernapas dalam-dalam dan melakukan relaksasi otot progesif. Selain itu, kamu juga bisa melakukan perawatan pada terapis untuk mengatasi rasa takut yang tidak kunjung membaik.

tradisi minum teh

Sejarah Tradisi Minum Teh di Indonesia, Apa pun Makanannya, Minumnya Pasti Ada Teh!

influencer unik

Kehabisan Ide? Cek Profil Instagram Influencer yang Unik Ini!