in

THR Sudah Turun? Yuk, Manfaatkan dengan Bijak

Tunjangan hari raya
Foto: freepik

Ngobrolin.idTunjangan hari raya alias THR memang selalu ditunggu-tunggu para karyawan. Besarnya tunjangan tersebut kadang sampai bisa bikin penerimanya mendadak ingin beli banyak hal. Apakah kamu salah satunya? Eits, jangan terburu-buru karena sudah saatnya kita manfaatkan THR dengan bijak.

Tabungan untuk dana darurat

Menyisihkan dana di awal nggak ada salahnya, lho. Dengan menyiapkan tabungan, kamu secara tidak langsung sudah menjadikan dirimu hemat dengan pengeluaran yang dilakukan secara impulsif menjelang lebaran. Sebaiknya, sisihkan 20 persen dari THR-mu untuk disimpan sebagai tabungan. Sebab, kita nggak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari, bukan?

Bayar zakat

Ini nggak kalah penting, lho. Walaupun jumlahnya tidak begitu besar, bayar zakat merupakan kewajiban yang harus kamu lakukan. Jangan sampai keasikan belanja sampai lupa menyisihkan sebagian hartamu untuk orang yang berhak dan membutuhkan, ya.

Tiket mudik

Bepergian keluar kota? Jangan lupa siapkan tiket mudik. Menjelang Lebaran, harga tiket transportasi antarkota dan antarprovinsi seringkali melonjak drastis. Siapkan juga dana selama perjalanan seperti kebutuhan konsumsi, obat-obatan, dan sebagainya.

Ada utang? Lunasi dulu

Kalau sekiranya kamu pernah memiliki utang beberapa waktu yang lalu, jangan lupa untuk dilunasi dulu, ya. Momen menerima THR jadi salah satu pemasukan yang sebaiknya kamu gunakan untuk menutup ‘lubang’ yang pernah dibuat di masa lalu. Selain karena tidak memengaruhi gaji, utang juga berpotensi menjadi pemicu masalah di kemudian hari.

Keluarga nomor satu

Keluarga pasti akan sangat bahagia jika kamu menyisihkan sebagian THR untuk dana Lebaran di kampung halaman. Tidak harus banyak, cukup dengan menutupi beberapa pengeluaran seperti transportasi, konsumsi, atau baju lebaran. Kebahagiaan keluarga itu nggak ternilai harganya, lho.

Investasi

Kalau THR yang kamu punya masih tersisa cukup banyak, mulailah untuk memikirkan investasi. Dengan berinvestasi, uang yang kamu miliki tidak akan terbuang begitu saja. Pelajari tata cara investasi yang baik dan benar agar tidak tertipu dengan investasi bodong.

Jadi, sudah kepikiran kan untuk apa dana THR-mu tahun ini? Selamat Lebaran, ya!

make-up dan skin care untuk mudik

Persiapkan Make Up dan Skin Care-mu untuk Mudik

minuman Lebaran

Yuk, Coba Minuman Ini Untuk Sajian Lebaran