in

Tidak Disadari, Tanda-tanda Ini Membuat Kamu Menjadi Kaum Rebahan

hayo jadi kaum rebahan yang produktif

kaum rebahan
foto: Unsplash

Ngobrolin.id — Istilah kaum rebahan sudah menjadi sangat terkenal di kalangan generasi Z, apalagi ketika pandemi terjadi. Banyak orang yang terpaksa di rumah dan tidak bisa beraktivitas seperti biasa. Akhirnya, yang bisa dilakukan hanya rebahan di rumah.

Sebenarnya, rebahan bukan kegiatan yang negatif. Sebab, selama pandemi, kegiatan ini sudah terbukti mampu membantu pencegahan. Hanya saja, kalau terus-terusan rebahan juga bisa berdampak pada kesehatan dan kualitas hidup kamu, padahal ada banyak kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu.

Nah, berikut ini tanda-tanda yang bisa menjadikan kamu tergolong kaum rebahan.

Malas bergerak atau mager

Coba hitung dalam sehari berapa banyak waktu yang kamu gunakan untuk beraktivitas. WHO menyarankan untuk melakukan aktivitas aerobik tingkat sedang selama 150—300 menit setiap minggu atau 75—150 menit aktivitas tingkat tinggi setiap minggu. Kalau kamu tidak memenuhi saran tersebut, bisa jadi kamu tidak melakukan banyak pergerakan dalam sehari.

Berat badan naik

Ada banyak faktor yang membuat berat badan bisa naik. Salah satunya adalah kurang bergerak sehingga sistem metabolisme tubuh menjadi terhambat. Dengan bergerak, kamu bisa membakar kalori sehingga asupan kalori yang masuk tidak menumpuk di dalam tubuh. Kalori tersebut diubah menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk bergerak.

Lebih mudah merasa pegel

Terlalu lama duduk atau rebahan dapat membuat sebagian besar tubuh kamu tidak bergerak. Akibatnya, tubuh menjadi kaku dan sakit ketika digunakan untuk bergerak. Kamu tidak mau kan jadi seperti orang tua yang gampang encok ketika sedikit bergerak.

Tidak bersemangat melakukan aktivitas apa pun

Terlalu lama rebahan dapat membuat kamu menjadi tidak bersemangat melakukan kegiatan, akhirnya waktu yang dimiliki hanya digunakan untuk rebahan. Hal tersebut membuat kamu menjadi tidak sadar kalau sudah rebahan selama berjam-jam. Sayang banget, kan!

Mental lebih mudah terganggu

Rebahan yang terlalu lama juga bisa mengganggu mental kamu, lho. Apalagi, jika rebahannya sambil mantengin media sosial. Nah, biar mental kamu bisa lebih sehat sebaiknya gunakan sebagian besar waktu rebahan untuk melakukan aktivitas positif.

album pamungkas

Pamungkas Segera Hadir dengan Album Terbarunya Solipsism 0.2

proposal bisnis

Tips Membuat Proposal Bisnis yang Menarik, Cocok Buat Influencer!