in , ,

Tidak Punya Support System, Baik atau Tidak?

support system itu perlu gak sih?

support system
foto: Pexels

Ngobrolin.idSupport system merupakan bagian penting dalam kehidupan seseorang, istilah ini sering dikaitkan dengan orang-orang terdekat yang sering ada di sekitar kita. Orang yang dimaksud bisa merupakan orangtua, sahabat, sepupu, rekan kerja, atau pasangan. Ada orang yang beruntung memiliki support system yang baik, tetapi ada juga sebagian orang yang merasa tidak punya support system.

Beberapa sumber menyebutkan kehadiran support system itu penting untuk menjaga kesehatan mental. Namun, faktanya seseorang yang sedang berada di suatu titik tertentu dalam hidupnya bisa merasa tidak punya support system.  

Salah satu hal yang sangat dibutuhkan dari support system adalah dukungan yang mereka berikan ketika kamu sedang menghadapi sesuatu. Mereka bisa memberikan kamu dukungan berupa empati, perasaan cinta, perhatian, dan kepercayaan.

Selain dukungan emosional, mereka juga bisa memberikan dukungan dalam bentuk nyata mulai dari materi, jasa, nasihat, anjuran, hingga informasi yang kamu butuhkan untuk memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi.

Satu hal yang harus disadari bahwa kamu tidak memerlukan support system dalam jumlah banyak. Biasanya, semakin dewasa umur kamu, jumlah orang-orang terdekat menjadi semakin berkurang dan mengerucut. Jadi, jangan takut kalau support system kamu hanya sedikit.

Meski sedikit, mereka merupakan orang-orang yang penting dan bisa dipercaya di dalam hidup kamu. Jadi, bangunlah komunikasi yang baik dengan mereka untuk meningkatkan kualitas hubungan kamu dan dia.

Namun, bagaimana jadinya jika kamu sedang berada di titik tidak punya support system? Kamu bisa membangun karakter diri sendiri untuk meringankan bebanmu. Sebenarnya, hal ini sangat sulit untuk dilakukan, mengingat manusia merupakan manusia sosial yang membutuhkan interaksi sosial.

Berdamai dengan diri sendiri agar kamu bisa menerima keadaan yang cukup sulit ini. Kamu mungkin akan masuk fase kesepian dan merasa sedih. Jangan ditahan air matanya, keluarkan saja, tapi jangan terlalu larut. Kamu harus bangkit untuk menyelesaikannya, karena jika bukan kamu yang menyelesaikannya, lalu siapa lagi. Terkadang, memang ada masalah yang harus diselesaikan sendiri. Oleh karena itu, kamu akan dituntut untuk mandiri.

Setelah berhasil melaluinya, kamu akan menyadari bahwa kemarin merupakan bagian penting yang dapat mengubah kepribadianmu menjadi pribadi yang lebih dewasa.

Namun, jika merasa tidak kuat berjuang sendiri, sebaiknya segera cari pertolongan. Cari teman cerita atau konsultasikan dengan psikolog untuk mengobati kondisi mental.

menggunakan porepack

Cara Menggunakan Pore Pack yang Benar, Dijamin Komedo Terangkat!

refund tiket kereta api

Cara Refund Tiket Kereta Api yang Dibeli Dari Selain KAI Akses