in ,

Tidur Siang, Sejenak Beristirahat untuk Kembalikan Semangat

Yuk, tidur siang sejenak

mengusir rasa kantuk
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Tim pekerja, mana suaranya? Sejak terjun ke dunia kerja, tidur siang sepertinya adalah kegiatan yang sangat berharga. Aktivitas bekerja dari pukul 8 pagi hingga siang hari sering kali menguras energi. Saat waktu istirahat tiba, nggak ada salahnya lho untuk menyempatkan diri untuk tidur siang sejenak.

Tidur siang, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa dapat memberikan banyak dampak positif. Jangka waktu yang tepat untuk melakukan tidur siang hanya berkisar 20—30 menit. Jangan sampai kebablasan, ya. Pekerjaanmu menanti untuk diselesaikan.

Beberapa manfaat tidur siang adalah menambah daya ingat, meningkatkan kinerja, dan juga menekan kemungkinan kecelakaan, kesalahan, dan kebingungan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada tiga cara yang umum dilakukan ketika mengalami kelelahan di siang hari, yakni mengonsumsi kafein, menambah jam tidur malam, dan tidur siang. Cara terakhir adalah yang paling efektif.

Manfaat lain dari tidur siang adalah membantu rileksasi. Istirahat siang yang cukup, termasuk dengan melakukan tidur siang, merupakan bentuk pembaruan atau pengisian tenaga yang bisa dilakukan. Jadi, tenaga pun akan kembali optimal untuk menyelesaikan pekerjaan.

Bagi balita dan lansia, tidur siang memiliki manfaat dapat mengembalikan suasana hati dan meningkatkannya menjadi lebih baik. Bagi orang dewasa, hal ini mungkin dapat terjadi. Cobalah dengan melakukan tidur siang di sela jam istirahat dan bandingkan hasilnya.

Selain manfaat psikis, tidur siang juga memberikan manfaat bagi fisik seseorang. Tidur siang mampu membantu menurunkan tekanan darah. Ketika kamu tidur di malam hari, tekanan darah sistolik turun rata-rata 3 mmHg. Saat siang hari, tekanan darah dapat turun mencapai rata-rata 5 mmHg.

Karena bisa menurunkan tekanan darah, tidur siang pun baik bagi kesehatan jantung. Tidur di siang hari dapat menambal kurangnya waktu tidur di malam hari. Dengan begitu, tidur siang dapat membantu menghilangkan stres.

Sayangnya, tidak selamanya tidur siang baik bagi tubuh. Jika kamu tidak terbiasa dan tidak cocok dengan pola ini, kamu justru bisa mengalami sleep inertia. Sleep inertia dapat menyerang dengan gejala uring-uringan dan linglung selepas bangun tidur.

Selain itu, tidur siang juga berpotensi meningkatkan kemungkinan insomnia pada malam harinya. Terutama, jika kamu memiliki gangguan tidur di malam hari, tidur siang sebaiknya dihindari. Lakukan tidur siang hanya ketika benar-benar letih dan mengantuk, kekurangan waktu tidur di malam hari, atau hanya bila berencana untuk melakukannya secara rutin.

lagu indie tentang senja

Ini Kumpulan Lagu Indie tentang Senja yang Enak Banget

candi di Yogyakarta

Hunting Lokasi Instagramable di Candi-candi Yogyakarta