in

Tiga Resep MPASI untuk si Kecil yang Mudah Dibuat

resep MPASI
Foto: pexels

Ngobrolin.id — MPASI atau makanan pendamping air susu ibu adalah asupan makanan yang sebaiknya diberikan ketika bayi sudah berusia lebih dari enam bulan. Tapi kesibukan Moms kadang menghalangi untuk membuat sendiri MPASI itu. Padahal, ada banyak resep MPASI praktis yang bisa Moms buat, lho. Seperti yang berikut, ada tiga resep MPASI untuk si kecil yang mudah dibuat.

Puree pisang

Puree adalah lumatan buah yang biasa digunakan untuk memudahkan konsumsi si kecil. Salah satu buah yang bisa digunakan adalah pisang. Nutrisi pisang berupa karbohidrat, vitamin A, fosfor, asam folat, dan kalsium baik untuk pertumbuhan si kecil.

Cara membuat puree pisang sebagai berikut. Pertama, siapkan satu buah pisang manis berukuran sedang. Kerok bagian pinggir pisang dengan sendok. Hindari bagian tengah karena rasanya pahit dan bisa membuat si kecil sembelit.

Jika masih kurang halus, lumatkan pisang dengan sendok sampai halus agar si kecil mudah mencerna.

Puree jagung manis dan bayam

Jagung mengandung berbagai nutrisi mulai dari karbohidrat, asam pentotenat atau vitamin B6, fosfor, riboflavin atau vitamin B2, dan banyak lagi. Sementara, bayam mengandung vitamin A, B kompleks, C, E, dan K. Selain itu, mineral magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, kalium, dan natrium baik untuk tubuh.

Cara membuat puree jagung manis dan bayam adalah dengan menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Siapkan jagung manis berukuran sedang, bayam sebanyak 15 lembar, dan air matang.

Cuci bersih sayuran tersebut, kemudian masing-masing direbus sampai empuk dan wangi. Tiriskan. Setelah itu, campur keduanya dan tambahkan air matang. Blender sampai halus. Moms bisa memastikan tidak ada serat kasar yang tersisa dengan menyaringnya.

Puree nasi, kentang, dan wortel

Nasi putih memiliki kandungan utama karbohidrat, serta mengandung protein, lemak, dan vitamin. Kentang mengandung karbohidrat, protein, kalium, folat, vitamin B6, dan vitamin C. Sementara, wortel baik untuk mata karena mengandung vitamin A dan senyawa lainnya.

Puree nasi, kentang, dan wortel dapat dibuat dengan mudah. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 5 sendok makan nasi putih, seledri, wortel berukuran kecil, kentang berukuran kecil, dan susu formula secukupnya.

Langkah membuat puree ini adalah dengan mencuci bersih seluruh bahan. Kemudian, tanak nasi sampai matang dan menjadi bubur. Tambahkan seledri yang telah diiris. Kukus wortel dan kentang sampai empuk.

Setelah semuanya matang, campur bubur yang sudah disaring dengan kentang dan wortel. Campurkan dengan susu formula dan aduk rata.

merawat jas hujan

Tips Merawat Jas Hujan Biar Awet

Startup kelas dunia

Berbagi Ala Startup Kelas Dunia