in

Timbulkan Heartburn, Hindari Konsumsi Ini Berlebihan

Berhati-hatilah saat mengonsumsi makanan berikut

Penyebab heartburn
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Pernahkah kamu mendengar kata heartburn? Heartburn adalah kondisi saat dada terasa terbakar karena asam lambung naik ke tenggorokan. Penyebab heartburn pun bermacam-macam. Salah satu pemicunya adalah konsumsi makanan berikut.

Jus jeruk

Penyebab heartburn

Jumlah asam dalam jus jeruk dimungkinkan menjadi penyebab heartburn. Jangan khawatir karena asam dalam jeruk bukan berarti buruk. Meskipun begitu, berhati-hatilah saat mengonsumsi minuman yang memiliki rasa asam ini.

Makanan pedas

Penyebab heartburn

Capcaisin, kandungan dalam cabai yang memberikan rasa pedas, dapat memicu terjadinya heartburn. Zat ini juga menghambat kerja pencernaan sehingga makanan menjadi berada lebih lama di dalam perut. Hal tersebut yang menyebabkan heartburn.

Bawang bombai

Penyebab heartburn

Beberapa masakan yang populer di Indonesia menggunakan bawang bombai sebagai bumbu. Namun, bawang yang dimaksud bisa menyebabkan heartburn adalah bawang yang dikonsumsi dalam keadaaan mentah. Bawang bombay sendiri adalah makanan tinggi serat dan bisa menyebabkan sendawa. Sendawa bisa memperburuk gejala asam lambung.

Kopi

Penyebab heartburn

Sebagai salah satu minuman paling populer di seluruh dunia, kopi sepertinya sudah menjadi rutinitas banyak orang. Sayangnya, kopi bisa mengendurkan sfingter esofagus dan menyebabkan heartburn.

Zat yang membuat hal tersebut bisa terjadi adalah kandungan kafein dalam kopi. Meskipun demikian, diduga bahwa kafein bukan merupakan penyebab tunggal dari kopi yang bisa memicu heartburn. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi hal ini.

Makanan berlemak tinggi

Penyebab heartburn

Makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi memang nikmat. Namun sayangnya, makanan ini memiliki risiko meningkatkan heartburn. Hal ini terjadi karena dua cara.

Pertama, makanan berlemak bisa mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, yakni otot yang berfungsi menghalangi esofagus dengan lambung. Asam lambung pun lebih mudah keluar menuju kerongkongan.

Kedua, makanan berlemak bisa merangsang pelepasan hormon cholecystokinin. Hormon ini bisa mengendurkan sfingter esofagus sehingga asam lambung bisa naik ke kerongkongan.

Minuman bersoda

Penyebab heartburn
Foto: freepik

Minuman bersoda menjadi salah satu penyebab heartburn. Kandungan karbonasi pada minuman bersoda bisa melemahkan sfingter esofagus dan meningkatkan produksi asam lambung. Konsumsi minuman bersoda bisa meningkatkan hingga 69 persen potensi seseorang terkena heartburn.

penyebab sulit buang air kecil

Kenali 5 Penyebab Sulit Buang Air Kecil

grup band yang pernah tenar di Indonesia

Pernah Populer, Grup Band Ini Redup Ditinggal Vokalis