in ,

Tingkatin Produktivitas Kamu dengan 5 Jenis Musik Ini

jenis musik
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Seringkali kita menggunakan musik untuk mengatur suasana lingkungan kita dan mood. Ketika menghabiskan waktu di depan layar komputer pun, banyak jenis musik didengarkan dan dijadikan sebagai cara untuk melepas gangguan luar atau pekerjaan yang membosankan. Nah, Apa benar musik bisa meningkatkan produktivitas?

jenis musik
Foto: Google Image

Teresa Lesiuk, asisten profesor di sebuah program terapi musik di Universitas Miami melakukan riset tentang pengaruh mendengarkan musik terhadap performa kerja. Berdasarkan penelitian Dr. Lesiuk, mereka yang mendengarkan musik menyelesaikan tugas lebih cepat dan ‘menelurkan’ ide-ide yang lebih baik dibanding mereka yang tidak mendengarkan musik.

Tetapi, ada beberapa musik yang malah menurunkan produktivitas lho. Beberapa studi menunjukkan bahwa musik pop dapat mengganggu daya paham baca (reading comprehension) dan pemrosesan informasi. Penasaran gak, musik apa aja sih yang bisa bikin kita lebih produktif?

1. Musik klasik

Di sebuah studi, tujuh dari delapan ahli radiologi mendapati bahwa musik baroque meningkatkan mood dan konsentrasi mereka saat bekerja. Nah, kalau kamu mencari di mana untuk mulai mendengarkan, cobalah karya Vivaldi “Four Seasons”.

2. Musik alam

Mendengarkan suara alam dapat meningkakan fungsi kognitif dan konsentrasi. Suara yang melegakan seperti aliran air, rintik hujan, gesekan daun dapat berfungsi dengan baik, mungkin suara burung dan binatang bisa saja sedikit mengganggu.

3. Musik epic

Musik epic bisa bikin kamu merasa melakukan sesuatu yang megah untuk mengubah dunia. Musiknya seakan memberikan kekuatan dan mengangkat kamu. Jadi, kalau kamu merasa lelah dan kekurangan inspirasi saat bekerja, cobalah untuk mendengar musik epic yang akan memberi booster yang memotivasi kamu.

4. Musik video game

Nah, musik dari video game adalah pilihan tepat karena komposisinya memang didesain khusus untuk meningkatkan pengalaman dalam bermain game. Bagaimanapun, sangatlah krusial kalau kamu bisa menghindari tembakan-tembakan itu atau secara lihai melewati musuh-musuh yang menhadang. Untuk permulaan, kamu bisa mencoba doundtrack dari Bastion, atau salah satu dari soundtrack SimCity.

5. Ambient soundtrack

Saat kamu merasa sedikit stres di dalam pekerjaan, cobalah mendengarkan musik ambient. Seperti yang dikatakan Brian Eno kreator dari Music for Airports, “Musik ambient harus bisa mengakomodasi berbagai tingkatan perhatian pendengar tanpa harus memaksakannya; ia harus mudah diacuhkan tapi juga harus menarik.”

jajanan kaki lima

5 Jajanan Kaki Lima yang Aman Buat Anak

Olahraga bersepeda

Olahraga Bersepeda Punya Manfaat Luar Biasa Lho!