in ,

Tipe Pelaku Playing Victim yang Menyebalkan

playing victim
foto: Unsplash

Ngobrolin.id— Dalam kehidupan bersosial kamu pasti menemukan berbagai orang dengan karakter yang berbeda-beda. Namun, tidak selamanya karakter tersebut baik. Ada juga beberapa karakter manusia yang menyebalkan dan bisa mempengaruhi kondisi diri kita. Salah satu karakter yang menyebalkan adalah pelaku playing victim.

Playing victim merupakan perilaku seseorang yang melimpahkan kesalahan pada pihak lain, padahal ia juga bersalah atau bisa jadi kesalahan itu berasal dari dirinya. Ia akan meyakinkan orang lain, kesengsaraan yang dialaminya akibat orang lain. Sudah mengerti kan, kenapa pelaku playing victim itu menyebalkan?! Apalagi, untuk orang seperti people pleaser atau nggak enakan.

Nah, biar kamu nggak terjebak dengan orang tipe seperti itu, simak ciri-ciri pelaku playing victim berikut.

Mengasihani diri sendiri

Tipe ini sangat suka mengasihani diri sendiri sehingga membuat dirinya yang paling merana dan tertekan. Padahal, kalau dilihat dari sudut pandang yang berbeda, dirinya tuh nggak kenapa-kenapa, cuma karena keputusannya yang membuat ia menjadi seperti itu.

Orang seperti ini memiliki mentalitas korban sehingga memandang dunia itu kejam. Perilaku seperti ini terkadang atau bahkan sering membuat orang lain merasa bersalah terhadap dirinya.

Sering terlibat dengan drama

Nggak tahu kenapa orang yang berperilaku playing victim kerap kali terlibat drama. Seakan-akan hidupnya tuh penuh drama. Nantinya, drama tersebut diceritakan dari sudut pandangnya sehingga drama tersebut seakan-akan parah. Padahal, bisa jadi orang yang diceritakan tidak merasa permasalahan tersebut begitu besar.

Sering menyalahkan siapa pun

Orang yang suka playing victim lebih cenderung memilih menyalahkan faktor eksternal terhadap kondisi yang dialaminya, padahal ia punya kuasa untuk mengontrol apa yang sudah terjadi. Selain gemar menyalahkan, ia juga jarang berniat atau berusaha untuk memperbaiki situasi karena beranggapan kejadian buruk itu bukan karena kesalahannya. Jadi, orang lain yang harus meminta maaf dan bertanggung jawab.

Manipulatif

Biasanya sih ya, orang yang melakukan playing victim itu manipulatif. Ia bisa saja baik di depan kamu, tetapi di belakang berbeda. Hal ini cukup berbahaya karena bisa mempengaruhi diri kamu sehingga kamu mudah merasa bersalah.

 

Jumbo

Jumbo, Animasi Terbaru dari Visinema

streaming drakor legal

Yakin Masih Mau Donwload Drakor Ilegal? Situs Streaming Legalnya Sudah Banyak, Lho!