in

Tips agar Anak Mau Membaca Buku

Ajarkan ini dengan baik kepada anak

agar anak mau membaca
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Moms, bagaimana kabar perkembangan si kecil? Ketika mulai memasuki usia sekolah, anak biasanya sudah mulai bisa membaca. Keingintahuannya disalurkan dengan membaca banyak hal di sekelilingnya. Sayangnya, tidak semua anak mau membaca buku, lho. Yuk, simak tips berikut agar anak mau membaca buku.

Mengajari anak agar mau membaca buku adalah perkara yang gampang-gampang susah. Memulai sesuatu memang merupakan tantangan tersendiri, termasuk memulai untuk mengajak anak rajin membaca. Namun, anak juga mudah jatuh cinta pada dunia buku jika sudah menemukan buku yang ia inginkan.

Berikut ini beberapa tips agar anak mau membaca buku versi Profesor Katsujiro Ueno. Beliau adalah seorang pakar pendidikan jepang yang juga Sekjen Persahabatan Indonesia. Trik ini bisa Anda coba bersama si kecil di rumah.

Langkah pertama yang harus Moms lakukan adalah memulai kebiasaan membaca dari diri sendiri. Jika orangtua suka membaca, anak juga akan lebih mudah memiliki hobi yang sama. Moms dan seluruh anggota keluarga dapat memberikan contoh dengan membaca buku di rumah.

Langkah kedua bisa dimulai dari guru di sekolah. Guru merupakan orangtua siswa di sekolah. Oleh karena itu, contoh yang baik juga harus diberikan oleh guru yang mengajar siswa di sekolah. Sama seperti orangtua, guru juga harus dengan sabar menanamkan pentingnya membaca buku, bahkan membacakannya di awal bila diperlukan.

Lama-kelamaan, kebiasaan orangtua dan guru dapat menular kepada anak. Anak pun akan tertarik mengikuti orang dewasa yang ada di sekitarnya sehingga senang membaca buku.

Jika anak sudah mulai tertarik, tidak ada salahnya untuk menyiapkan meja belajar dan rak buku khusus untuk si kecil di rumah. Dengan begitu, anak pun memiliki tempat yang nyaman untuk membaca buku tersebut.

Selain itu, rak juga berfungsi untuk menyimpan buku agar tidak cepat rusak. Buku pun dapat tertata rapi dan tidak berserakan serta bercampur dengan buku milik anggota keluarga lainnya.

Sesekali, ajaklah si kecil mengunjungi perpustakaan umum terdekat. Mengunjungi perpustakaan setidaknya sekali sangat penting, lho. Moms harus menyempatkan waktu khusus untuk menemani anak melihat-lihat koleksi buku dan membacanya di sana. Anak dapat mengetahui banyaknya sumber ilmu pengetahuan yang dapat diakses dengan mudah.

Terakhir, jangan pelit untuk memberikan pujian bagi kebiasaan baik si kecil. Moms dapat memujinya saat sudah menyelesaikan buku, atau baru saja memulai membaca buku. Si kecil pun akan merasa bahagia dan menjadikan membaca sebagai kebiasaan.

menghilangkan daki

Tips Hilangkan Daki Tubuh dengan Mudah

soundtrack film Joker

5 Soundtrack Film Joker, Yuk Cari Tahu