in

Tips agar Mobil Matik Tidak Boros

tips agar mobil matik tidak boros
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Mobil yang bertransmisi otomatis seringkali dikaitkan dengan konsumsi bensin yang lebih boros dibanding mobil manual. Padahal, kamu juga bisa menghemat bensin saat mengendarai mobil matik, lho. Yuk, simak tips agar mobil matik tidak boros.

  1. Jaga momentum

Seperti halnya dalam ilmu fisika, semakin sedikit energi yang digunakan, konsumsi bahan bakar pun akan sedikit. Kamu perlu menjaga momentum ketika berkendara. Artinya, jangan terlalu sering ngegas dan ngerem ketika mengendarainya. Diperlukan konsistensi kecepatan saat mengendarai mobil matik.

  1. Jauhkan kaki dari pedal rem

Hindari meletakkan kaki di atas pedal rem. Walaupun kaki kamu hanya menggantung di atas pedal rem, hal itu tetap memberikan tekanan terhadap mobil yang juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Disebutkan How Stuff Works, hal itu akan memberikan beban yang tidak perlu terhadap mesin dan transmisi. Selain itu, rem juga bisa cepat aus.

  1. Tekanan ban yang sesuai

Ada baiknya kamu rajin mengecek tekanan ban sebelum bepergian menggunakan mobil. Menjaga tekanan ban yang sesuai bisa menambah efisiensi bahan bakar. Selain bisa menghemat bensin, menjaga tekanan ban yang sesuai juga bisa mencegah kecelakaan.

  1. Tak perlu terburu-buru

Menyetir seperti halnya sedang balapan? Kalau bisa, kebiasaan tersebut dihindari, ya. Mengerem dadakan dan kemudian membejek gas kembali sangat berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Berkendara secara agresif dapat membuat bensin lebih hemat 33 persen saat dikendarai di jalan tol. Berakselerasilah dengan santai tak perlu menggeber gas.

  1. Membeli bensin saat cuaca dingin

Ada beberapa kalangan yang mengatakan kalau mengisi bensin di cuaca dingin bisa lebih hemat. Alasannya cairan bensin dapat memuai di cuaca panas. Sementara, saat suhu lebih dingin, bensin bisa lebih padat. Oleh karena itu, disarankan untuk mengisi bensin di pagi hari.

  1. Dirawat

Seperti halnya tubuh manusia, mobil pun perlu dirawat. Mobil akan berfungsi sebagaimana mestinya termasuk hemat bensin ketika kondisinya baik. Luangkan waktu kamu untuk menyempatkan diri ke bengkel melakukan perawatan berkala. Hal itu dipercaya bisa menghemat bahan bakar hingga 10 persen. Perawatan berkala juga membuat komponen pada mobil berumur panjang.

  1. Menggunakan fitur cruise control

Kalau mobil kamu sudah canggih dan memiliki fitur cruise control disarankan untuk menggunakannya. Cruise control bisa membuat mobil berjalan dengan kecepatan konstan. Kecepatan konstan tentu berpengaruh terhadap konsumsi bensin yang bakalan lebih hemat.

fakta tentang komedo

Mitos dan Fakta tentang Komedo

tips sukses berbisnis

Tips Sukses Berbisnis dari Orang Terkaya di Dunia