in

Tips agar Skripsi Cepat Selesai

tips ampuh kelarin skripsi tepat waktu

skripsi cepat selesai
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Skripsi merupakan bagian penting dalam dunia perkuliahan. Kamu harus menyelesaikan skripsi agar bisa menyandang gelar sarjana dan ikut wisuda. Namun, sayangnya sebagian mahasiswa sudah merasa tegang duluan ketika mendengar kata ‘skripsi’, terlebih mereka yang sudah lama mengerjakan tapi tidak kunjung usai. Namun, skripsi sebenarnya tidak menakutkan dan mudah untuk diselesaikan. Berikut ini tips agar skripsi cepat selesai.

Buat target yang jelas

 

Kamu harus membuat target yang jelas agar dapat memperhitungkan segalanya dan tidak kebablasan. Misal, target bab1 diselesaikan dalam kurun waktu 1—1,5 bulan, lalu dilanjutkan dengan bab-bab selanjutnya. Dengan begitu, kamu akan terpacu untuk mengerjakannya.

Kalau kamu hanya mengingat skripsi tanpa tahu mau kapan diselesaikan dan deadline yang jelas, kamu akan sulit untuk mengejarnya. Kamu cenderung akan mengundur waktu untuk mengerjakannya.

Pilihlah tema yang kamu kuasai dan perbanyak literasi

Sebagian orang ingin dipandang skripsinya sebagai penelitan yang bagus dan mewah. Namun, jika kamu tidak menguasai dengan baik tema yang kamu pilih, hal itu akan menjadi tekanan besar bagi kamu. Kamu harus mencintai tema yang kamu pilih dan kuasai dengan baik. Cara menguasai tema adalah dengan memperbanyak bacaan penunjang skripsi.

Semakin banyak literasi yang kamu baca tentang tema yang difokuskan, akan membuat ide-ide bermunculan di kepalamu. Semakin banyak membaca akan menemukan semakin banyak masalah yang terkait dengan tema tersebut. Yang terpenting, fokus dengan tema yang kamu pilih dan kamu kuasai.

Pilih dosen pembimbing yang ahli di bidangnya

Fungsi dosen pembimbing adalah membimbing kamu selama masa pembuatan skripsi. Dosen pembimbing bisa menjadi tempat curhat di kala masalah melanda ataupun menjadi teman yang memberikan kamu inspirasi. Sebaiknya, pilihlah dosen pembimbing yang sesuai dengan tema yang kamu pilih.

Buatlah lingkungan mengerjakan skripsi yang kondusif

Agar kamu dapat mengerjakan skripsi dengan baik, ciptakanlah ruang yang nyaman untuk mengerjakan skripsi, atau carilah tempat seperti kafe yang mampu menciptakan situasi yang nyaman untuk kamu berpikir.

Catatlah setiap progres yang sudah kamu lakukan

Agar semakin terpacu, catat setiap progres yang sudah kamu lalui sehingga kamu tahu seberapa lama lagi skripsimu selesai.

Jangan pernah tinggalkan skripsi dalam satu hari

Rasa bosan dan jenuh itu sangat wajar. Jika kamu sudah bosan dan jenuh, kamu harus mengurangi frekuensi pikiranmu terhadap skripsi. Namun, jangan tinggalkan satu hari pun. Minimal dalam satu hari kamu membukanya atau hanya sekadar membaca sekilas. Kalau sudah ditinggal sehari, biasanya akan kebablasan ke hari-hari berikutnya.

Minta doa orangtua

Mintalah doa dari orangtua agar proses skripsi kamu dipermudah.

NKCTHI

NKCTHI, Film Pembuka Awal Tahun yang Epik dan Wajib Ditonton

film parasite

Parasite, Fim Peraih Banyak Penghargaan