in ,

Tips Aman dan Nyaman Makan di Restoran Saat Pandemi

jangan lupa patuhi protokol kesehatan, ya!

makan di restoran
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Ada banyak kebiasaan baru yang harus kamu lakukan di tengah pandemi untuk mengurangi risiko penularan. Setelah berbulan-bulan, waktu lebih sering dihabiskan di dalam rumah, seperti bekerja di rumah, sekolah di rumah, bahkan beribadah juga di rumah. Wajar jika rasa bosan muncul. Salah satu hiburan yang bisa dilakukan adalah makan di restoran.

Kamu bisa mengikuti beberapa tips makan di restoran saat masih pandemi. Tips ini juga berguna untuk kamu yang terpaksa harus makan di luar rumah.

Pilihah restoran dengan ventilasi terbuka atau di ruang terbuka

Sinar matahari menjadi salah satu disinfektan alami yang sangat berfungsi utnuk melawan virus dan bakteri. Nah, jadi sebelum makan, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu lingkungan restoran. Akan lebih baik restoran tersebut memiliki area outdoor. Jika makan di dalam ruangan, sebaiknya perhatikan sistem ventilasinya. Pastikan sirkulasi udara di dalam ruangan tersebut berjalan dengan baik, ya.

Pembayaran nontunai

Pembayaran nontunai bisa menjadi salah satu pilihan yang membantu kamu untuk mengurangi interaksi dengan barang asing. Kamu bisa menggunakan e-wallet jenis apa pun sehingga sistem pembayaran menjadi lebih mudah. Kamu hanya perlu men­-scan barcode melalui kamera handphone, selanjutnya masukkan nominal yang dibutuhkan dan pin.

Namun, jika memang terpaksa menggunakan pembayaran tunai atau kartu debit/kredit, sebaiknya siapkan tisu atau handsanitizer. Biasanya, pihak restoran juga sudah menyiapkannya di meja kasir.

Pilihlah restoran yang disiplin protokol kesehatan

Restoran yang disiplin dengan protokol kesehatan akan menerapkan social distancing dan menyediakan berbagai kebutuhan seperti handsanitizer. Selain itu, para pekerja biasanya sudah dibekali oleh face shield dan masker. Nah, kamu pasti akan lebih jauh aman dan nyaman makan di restoran yang menerapkan disiplin protokol kesehatan.

Tetap jaga jarak

Jika memang diharuskan antri untuk memesan makanan atau membayar, kamu harus tetap menerapkan jaga jarak, setidaknya satu meter. Saat ini sudah banyak tempat yang sudah menyediakan garis antri sebagai patokan pembeli berdiri. Patuhi ya!

Jangan sentuh benda sembarangan

Bagi kamu yang hobi menyentuh barang-barang, sebaiknya kurang-kurangi, ya! Usahakan jangan menyentuh apa pun kecuali benda yang penting. Sebelum dan setelah makan, kamu jangan lupa cuci tangan, ya.

Ria SW

Bosan? Coba Tonton Perjalanan Food Traveler Ria SW!

zendaya

Zendaya Sabet Nominasi Aktris Berbakat Emmy Awards 2020